20 November 2020, 20:35 WIB

Guru Positif Covid-19 Puluhan Murid SD di Mabar Dites Swab


John Lewar |

SATU guru SD negeri berinisial T di Kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, NTT dinyatakan positif Covid-19. Kini, Tim Satgas Covid setempat menggelar tes swab massal bagi murid dan guru di sana untuk mencegah penyebaran korona.

Puluhan murid dan guru menjalani tes swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo di Marombok,  sejak Kamis (19/11) hingga Jumat (20/11). Belasan petugas medis dikerahkan untuk mengambil sampel dahak untuk diperiksai ke Laboratorium RS Yohanes Kupang.

Saat ini, positif Covid-19 di Manggarai Barat hanya tersisa satu orang yakni guru T, dia dalam kondisi tanpa gejala. Kini yang bersangkutan menjalani karantina mandiri di rumahnya.

"Tim Satgas penanganan covid-19 bergerak cepat mengatasi hal ini. Total positif sebelumnya 73 orang, dan yang sembuh ada 72 orang. Tinggal satu yakni guru T,"ujar Kadinkes Mabar, Paul Mami.M.Kes, Jumat (20/11)

Dia mengungkapkan tracing yang dilakukan itu sebagai langkah utama untuk melihat perkembangan persebarannya. Pihaknya masih menunggu hasil laboratorium nanti.

"Kita berharap baik-baik saja. Jika ada yang positif makakedua orang tua anak dan warga lain yang pernah kontak akan diperiksa  menyeluruh," ujar Paul Mami.

Kabid Pencegahan Penyakit Dinkes Mabar, Paskalina Kusumawati kepada awak media menyatakan, pemeriksaan swab tidak hanya kepada murid dan guru tapi termasuk para karyawan di sekolah itu.

Langkah pencegahan, kata Paskalina, dilakukan trecing semua orang yang ada di komunitas itu. Pihaknya menunggu hasil laboratorium karena dari hasil ini yang akan menentukan langkah pencegahan kedepan

Paskalina meminta masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah. Yakni, dengan memakai maskes, menjaga jaga, cegah kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan sabun. "Jangan lupa makanana bergizi," pesan dia. (OL-13)

Baca Juga: Ridwan Kamil: Kerumunan di Megamendung Terjadi Secara Spontan

BERITA TERKAIT