20 November 2020, 13:05 WIB

Ben-Ujang: SDA Melimpah untuk Sejahterakan Warga Kalteng


Surya Sriyanti | Nusantara

KEKAYAAN SUMBER Daya Alam (SDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) begitu melimpah sehingga tak perlu lagi diperdebatkan. Hal itu seharusnya membuat masyarakat Kalteng dapat lebih maju dan sejahtera dibanding saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalteng, Ben Bahat - Ujang Iskandar dalam debat kedua yang diselenggarakan Kamis (19/11) malam. Menurut Ben-Ujang, kekayaan alam yang melimpah harus menjadi instrumen untuk memajukan Kalteng.

"Kekayaan alam yang melimpah harus menjadi instrumen kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah," ujar Ujang.

Salah satu perwujudannya dapat dilihat dengan memanfaatkan komoditas unggulan Kalteng, yakni Karet. Ujang berujar, sudah seharusnya Kalteng dapat mengolah sendiri karet sehingga mempunyai nilai jual yang kebih tinggi.

"Karet sudah seharusnya dapat diolah di dalam Kalteng. Jadi Kalteng tidak hanya menjual bahan mentah namun barang jadi yang lebih tinggi harganya," ucap Ujang.

Ujang menambahkan, langkah konkretnya adalah dengan menggandeng pihak swasta dalam membangun pabrik untuk memproduksi produk jadi dari karet. Nantinya, pihak swasta tidak akan diganggu macam-macam dengan berbagai permintaan di luar aturan resmi.

"Kami akan ajak investor untuk mendirikan pabrik di Kalteng. Tidak akan kami minta macam-macam pihak investor yang mau berinvestasi," ucap Ujang. (OL-13)

Baca Juga: Gandeng Ulama dan Kyai Untuk Edukasi Prokes

BERITA TERKAIT