18 November 2020, 11:35 WIB

Raja Ampat Harus Jadi Kawasan Wisata Unggul


Martinus Solo | Nusantara

PEMKAB Raja Ampat, Papua Barat meminta dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membangun pariwisata Raja Ampat menjadi kawasan pariwisata unggul dan berdaya saing. Hal itu disampaikan oleh Plt Bupati Raja Ampat, Manuel P Urbinas dalam pembukaan diskusi rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah di Raja Ampat, Rabu (18/11).

"Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang besar maka kami memohon dukungan dan kerja sama dari kementerian pariwisata maupun stakeholder lainnya. Untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan pariwisata Raja Ampat menjadi destinasi yang unggul, berdaya saing, berkelanjutan, mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat," kata Urbinas.

Ia menjelaskan sektor pariwisata menjadi salah satu leading sektor baik dalam pembangunan nasional maupun dalam pembangunan Raja Ampat.

"Pembangunan pariwisata yang berhasil bukan hanya mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah melalui kontribusi PAD tetapi juga dapat menjamin kelestarian alam, budaya serta penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat," ujar Urbinas.

baca juga: Kemenhub Bangun 4 Kapal Wisata di Labuan Bajo dan Bunaken 

Diskusi rencana induk pembangunan Kepariwisataan daerah merupakan salah satu agenda yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berupa pendampingan bagi stakeholder Raja Ampat dalam menyusun RIPARDA yang akan menjadi acuan menentukan langkah-langkah pembangunan strategis bagi sektor kepariwisataan di daerah juga dalam rangka pencapaian target pembangunan RPJMN dan peningkatan daya saing pariwisata. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT