13 November 2020, 16:48 WIB

Relawan Jerinx Bagi-Bagi Pangan Gratis


Arnoldus Dhae | Nusantara

AKSI para relawan pendukung Gede Ary Astina atau Jerinx tetap semangat mendukung drummer Superman Is Dead agar dibebaskan dari penjara. Caranya tidak lagi berdemo tetapi membagikan pangan gratis dalam aksi sosial kepada masyarakat.

Aksi ini sebagai respons dari sidang lanjutan JRX memasuki agenda tanggapan jaksa penuntut umum atas nota pembelaan (pleidoi) yang dibacakan JRX dan tim kuasa hukumnya pada 10 November 2020 lalu. Persidangan yang berlangsung singkat tersebut senantiasa mendapat pengamanan ketat seperti sidang-sidang sebelumnya dari aparat keamanan.

Sidang pleidoi, replik, dan duplik tersebut ditanggapi para relawan dengan cara membagikan sembako kepada masyarakat umum. Aksinya berlangsung sporadis dalam waktu yang berbeda-beda. Seperti yang dilakukan Komunitas Sudut Solid Peguyangan bersama organ gerakan mahasiswa Frontier Bali yang dilakukan di lingkungan Banjar Batur Desa Peguyangan. Aksi simpatik yang dimulai Jumat (13/11) pukul 16.00 wita tersebut membagikan sekitar 200 paket sayuran segar kepada masyarakat yang membutuhkan. Mereka mengenakan kaos hitam bertuliskan beberapa ungkapan terkait dengan dukungan terhadap Jerinx.

Danu Segara dari Komunitas Sudut Solid menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bukan pertama kalinya mereka lakukan dan akan rutin dilakukan di masa pandemi ini. 

"Kami akan berusaha rutin melakukan kegiatan bagi pangan ini karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan," tungkasnya di Denpasar, Jumat (13/11).

Lebih lanjut ia menyampaikan dalam kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan pengeluaran masyarakat di masa pandemi. Selain itu kegiatan yang mereka lakukan terinspirasi dari sosok  I Gede Ari Astina alias JRX atau Jerinx. 

"Kegiatan JRX melakukan bagi-bagi pangan sejak 4 juni 2020 hingga kini menjadikan inspirasi bagi kami dan juga sebagai bentuk solidaritas kami kepadanya dengan meneruskan hal-hal baik," tambahnya.

Sementara itu Natri Krisnawan, Sekjend Frontier Bali menyampaikan bahwa seorang JRX telah menjadi inspirasi dan menularkan banyak hal-hal baik kepada Bali. Utamanya kaum muda sehingga tidak pantas dipenjara. '

"Banyak hal baik yang telah ditularkan kepada generasi muda seperti bagi-bagi pangan, semangat menjaga lingkungan" sebutnya.

Natri menambahkan dari bukti-bukti jejak digital seperti kanal Youtube Deddy Corbuzier dan keterangan dari PB IDI Pusat bahwa tidak ada niatan memenjarakan Jerinx. Namun faktanya ia tetap dipenjara. Bahkan IDI ingin mengajak kolaborasi dengan Jerinx berkolaborasi untuk membangun narasi-narasi positif.

"Lalu kok JRX malah dibui? Bagaimana bisa berkolaborasi?" ungkap Natri serius.

baca juga: Jerinx Kedinginan Minta AC di Ruang Sidang Dikecilkan

Lebih lanjut Natri juga mengomentari bagaimana perjalanan sidang replik yakni tanggapan jaksa yang menolak  pledoi yang sebelumnya dibacakan oleh JRX bersama kuasa hukumnya pada sidang sebelumnya. Jaksa mengaku salah memasukkan unsur Pasal dan telah mengakui bahwa jaksa melakukan copy paste keterangan BAP  ahli bahasa Jaksa saat diperiksa di kepolisian.

"Harusnya hal tersebut bisa jadi pertimbangan hakim untuk membebaskan Jrx," imbuhnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT