05 November 2020, 09:33 WIB

Cegah Korona, Feby Deru Ingatkan Warga Sumsel Cuci Tangan Teratur


Dwi Apriani | Nusantara

HINGGA saat ini pandemi covid-19 belum juga berakhir. Di Sumatra Selatan akibat pandemi, kasus positif covid-19 sudah mencapai 8.022, pasien sembuh sebanyak 6.522 orang dan meninggal dunia 439 orang. Penyebaran virus korona bisa dicegah dengan tetap menerapkan pola hidup sehat dan bersih. 

Ketua Palang Merah Indonesia Sumatra Selatan, Feby Deru mengatakan pencegahan penyakit itu bisa dilakukan masyarakat dengan menjaga diri dan keluarga melalui pola hidup bersih dan sehat.

"Saya ingatkan dan himbau kepada seluruh masyarakat agar mencuci tangan secara teratur, baik saat sebelum makan ataupun setelah bepergian. Terlebih lagi bagi para ibu yang mempunyai anak balita. Sebelum menyentuh dan menggendong bayinya agar mencuci tangan terlebih dahulu", kata Feby Deru, Kamis (5/11).

Selain mencuci tangan secara teratur, Feby Deru yang juga Ketua TP PKK Sumsel menjelaskan hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah Covid-19 dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, rajin berolahraga dan cukup istirahat, menjaga kebersihan lingkungan, minum air putih 8 gelas/hari, mengkonsumsi makanan yang dimasak secara sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan. Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

baca juga: Dulu Positif Covid-19, Kini Jadi Penggerak Jogo Santri

"Terpenting juga saat keluar rumah atau bepergian agar menggunakan masker. Kemudian selama pandemi ini berlangsung saya imbau agar bersalaman atau jabat tangan dapat diganti dengan menangkupkan kedua telapak tangan ke dada, bisa juga dengan saling menyentuhkan atau menempelkan lengan atau menempelkan kaki," pungkasnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT