04 November 2020, 16:50 WIB

Ratusan Narapidana di Lapas Kelas II Tasikmalaya Jalani Swab Tes


Kristiadi | Nusantara

RATUSAN narapidana dan pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (4/11) menjalani swab massal. Swab tes massal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas.

Kepala Lapas Kelas II B Tasikmalaya, Sulardi mengatakan, pelaksanaan swab massal dilakukan kepada 289 narapidana dan 92 orang pegawai lapas. Tes ini dijalankan untuk mencegah Lapas Kalas II Tasikmalaya menjadio klaster penyebaran Covid-19.

Sulardi mengatakan, pelaksanaan tes swab massal yang dilakukan sangat penting agar bisa diketahui di lingkungan lapas harus bebas dari Covid-19. Jika ditemukan narapidana positif Covid-19 akan dilakukan isolasi mandiri dengan menempati kamar khusus di dalam tahanan, tetapi kalau pegawai akan dirujuk ke RSUD dr Soekardjo atau rumah susun sewa (Rusunawa) Unsil.

"Mudah-mudahan swab masal yang dilakukan sekarang berharap hasil semuanya itu negatif, karena semuanya harus menunggu 14 hari karena hasilnya telah langsung dikirimkan ke Labkesda Kesehatan Jabar. Karena, selama ini para penghuni maupun pegawai Lapas masih tetap mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, kasus terkonfirmasi positif di Tasikmalaya hari ini  bertambah delapan orang sehingga total kasus tercatat sebanyak 436. Dari jumlah tersebut, 312 orang dinyatakan sembuh, 108 pasien masih mendapat perawatan, dan 16 orang meninggal dunia. (R-1)

BERITA TERKAIT