11 September 2020, 16:39 WIB

Baper Online Bantu Pengrajin UMKM Jajakan Usahanya di Luar Babel


mediaindonesia.com | Nusantara

KETUA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, ingin Bazar Pengrajin (Baper) Online menjadi model baru dalam meningkatkan penjualan produk kerajinan khas Babel. 

Bersama anggota Dekranasda Babel, Melati telah mengevaluasi bahwa pandemi Covid-19 telah berpengaruh terhadap turunnya omzet pengrajin dan ekonomi di wilayah Babel. Melalui Baper Online, semangat dan motivasi terus didorong Dekranasda Babel untuk meningkatkan nilai penjualan. 

Webinar Baper Online dilaksanakan di Swissbel Hotel Bangka pada Jumat (11/9/20) dengan tajuk ‘Tetap Prima dan Gaya Bersama Dekranasda di Masa Pandemi’. Kegiatan ini juga dapat diikuti siapapun secara online melalui aplikasi zoom cloud meeting.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Babel yang ikut serta dalam pola pemasaran online ini di antaranya, Batik Kampung Katak, Eco Print, Geries Bonggol Art, Happy Drink, dan Madu RR. 

Lima peserta yang ikut serta mendapat banyak perhatian dari calon pembeli yang tidak hanya berasal dari Babel saja, tetapi juga dari luar Babel seperti Aceh dan Kalimantan. 

Selain penjualan produk dari lima pelaku UKM Babel, dalam Baper Online juga dilakukan diskusi interaktif bersama peserta zoom dan penjelasan tentang keunggulan produk oleh pemilik UKM yang ikut serta dalam kegiatan ini. 

Penjualan dan pembelian produk pada Baper Online ditutup hingga akhir acara dan terakumulasi penjualan dalam Baper Online hari ini atau Jumat (10/9) mencapai Rp 10 juta. 

Di akhir pelaksanaan Baper Online, Melati sangat bersyukur sebab semua peserta bazar mendapatkan hasil penjualan. 

Ke depan, Melati ingin kegiatan seperti ini dilaksanakan secara berkala dengan mengangkat pengrajin-pengrajin lain agar dapat membantu membuka peluang penjualan untuk pembeli dari luar Babel. 

“Sebagai ketua dekranasda, saya sangat bahagia sekali baper online terlaksana dengan lancar dan saya sangat berterima kasih kepada sahabat-sahabat saya yang sudah hadir dan pihak-pihak mendukung acara ini,” ungkapnya. 

Tampak hadir di lokasi bazar, Dr. Dwi Purnomo, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertaninan, Universitas Padjadjaran sekaligus pendiri the Local Enablers, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel Elfiyena, Ketua Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) Elis. dan istri Kajati Babel, Nyonya I Made.

Di lokasi Baper Online disajikan juga fashion show dangan para model yang mengenakan produk yang dijual pada Jumat (11/9). 

"Pemasaran lewat online ini diharap dapat meningkatkan penjualan terlebih makna tiap produk telah dijelaskan melalui narasi. “Salut untuk pengrajin Babel, semoga sukses selalu,” ungkap Dr. Dwi Purnomo. (OL-09)

BERITA TERKAIT