06 September 2020, 12:18 WIB

Ratusan Massa Antar Petahana Daftar ke KPUD Fakfak


Martinus Solo | Nusantara

SAMAUN Dahlan dan Clifford Hendrik Kelly Ndandarmana, pasangan calon bupati dan wakil bupati Fakfak, Papua Barat mendaftarkan diri ke KPUD Fakfak, Minggu (6/9). Samaun-Clifford mendapat dukungan dari 10 partai politik. Sebelum pendaftaran, pasangan yang memakai nama SADAR ini diantar oleh ratusan orang menuju Jalan Reklamasi untuk menggelar deklarasi pencalonan bupati dan wakil bupati Fakfak periode 2020-2025.

Deklarasi dilakukan oleh 10 parpol pendukung yaitu Golkar, NasDem, PDIP, PKS, Gerindra, Hanura, Perindo, Demokrar, PAN, dan PBB. Sedangkan rekomendasi PKB ditolak KPUD Fakfak karena diserahkan bukan rekomendasi asli melainkan hasil scan. Meski demikian PKB bersama PPP dan PKPI yang tidak meraih kursi ikut mendukung pasangan SADAR. Dalam deklarasi ikit dihadirkan arti Maluku Ona Hetarua. Pasca deklarasi, ratusan orang mengarak paslon SADAR menuju ke KPUD Fakfak. Ratusan massa berkumpul ini jelas melanggar aturan KPU selama masa pandemi covid-19. Sekaligus tidak mematuhi imbauan Mendagri agar paslon tidak membawa massa.

Bakal calon bupati Fakfak, Samaun Dahlan mengungkapkan permohonan maaf kepada pihak keamanan dan tim gugus tugas covid-19 kabupaten, karena dirinya tidak dapat membendung antusiasme massa pendukung untuk datang ke KPUD Fakfak.

"Sebagai kandidat dan mewakili tim sukses, kami meminta maaf kepada pihak keamanan dan tim gugus covid-19 kabupaten. Bahwa sesungguhnya massa kami tidak bisa dibendung walaupun sudah kami buat penekanan agar jangan banyak yang hadir, tetapi mereka tetap turun," ujar Samaun.

baca juga: KPU Ingatkan Ancaman Covid Saat Pilkada

Ketua Tim Koalisi Partai Pengusung, Muhamad Uswanas sekalihus Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Fakfak mengatakan Samaun merupakan petahanan dan pencalonan pada Pilkada 2020 ini merupakan pencalonan periode pemerintahan kedua.

"Dan insya Allah enam bulan lagi akan pamit turun dari jabatan bupati dan kita akan mendukung bapaslon SADAR untuk melanjutkan pembangunan di kabupaten ini," kata Ketua Tim Koalisi Partai Pengusung, Muhamad Uswanas.

Sementara calon wakil bupati Fakfak, Clifford Hendrik Kelly Ndandarmana, meminta agar pihak penyelenggara tetap berkerja dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

"Karena kami akan datang terus serta memantau semua tahapan yang ada, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik," ujarnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT