01 September 2020, 14:14 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten Meledak, Pasien Positif Tambah 46 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

LEDAKAN pasien positif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, terjadi pada Senin (31/8). Sebanyak 46 orang dinyatakan positif, dan satu pasien yang dirawat di rumah sakit meninggal dunia.

Penambahan pasien baru positif covid-19 berasal dari sembilan kecamatan di Klaten. Kecamatan Wonosari penyumbang terbanyak yaitu 30 orang dan Kecamatan Delanggu 7 orang.

Sedangkan pasien positif lainnya berasal dari Kecamatan Gantiwarno sebanyak 2 orang, Klaten Utara 2 orang, Wedi satu orang, Prambanan satu orang, Kebonarum satu orang, Juwiring satu orang dan Kecamatan Karangnongko satu orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Cahyono Widodo mengatakan sebanyak 42 dari 46 pasien baru terpapar karena kontak erat dengan kasus positif.

Sedangkan empat pasien positif lainnya, lanjut Cahyono, tiga terjangkit virus korona saat melakukan aktivitas sehari-hari dan satu tertular dalam perjalanan ke luar wilayah.

Baca juga:  Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Warga Klaten Diminta Waspada

Sebanyak 42 dari 46 pasien baru itu menjalani isolasi mandiri, dua dirawat di RS PKU Muhammadiyah, satu di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo dan satu dirawat di RSJD Soedjarwadi.

Sedangkan satu pasien yang meninggal dunia, yaitu AS, laki-laki 64 tahun, warga dari Kecamatan Wonosari. Sebelumnya, ia menjalani perawatan enam hari di RSUP Soeradji Tirtonegoro.

Hingga saat ini, jumlah akumulatif pasien positif covid-19 di Klaten 318 orang, 176 di antara mereka sembuh, 29 masih dirawat di rumah sakit/isolasi, dan 13 orang meninggal dunia.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, guna memutus rantai persebaran covid-19.

"Gunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan, dan terapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat)," kata Sri Mulyani.(OL-5)

BERITA TERKAIT