01 September 2020, 04:30 WIB

NasDem Dukung Calon Perempuan di Gunungkidul


AU/AT/BY/BB/YR/RF/N-2 | Nusantara

IMMAWAN Wahyudi mantap menggandeng Martanti Soenar Dewi. Immawan adalah petahana Wakil Bupati Gunungkidul, Daerah Istime­wa Yogyakarta. Sementara itu, Martanti, akvitis sosial, adalah satu-satunya perempuan yang berlaga dalam pilkada di daerah itu.

“Konsistensi NasDem dengan jalan politik tanpa mahar mendorong saya untuk maju melanjutkan dua periode. Keikhlasan menjadi kekuatan saya untuk memimpin Gunungkidul,” kata tokoh senior Muhammadiyah yang dikenal sederhana itu.

Akhir pekan lalu, NasDem mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan ini di panggung teater objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk mengusung pa­sangan ini, NasDem tidak perlu berkoalisi karena memiliki 9 kursi di DPRD.

“Immawan adalah sosok ideal untuk melanjutkan pembangunan di Gunungkidul. Martanti represen­tasi pemilih perempuan. Kami siap berjuang sendiri tanpa koalisi, tan­pa politik dagang sapi, dan tanpa manipulasi,” tegas Ketua NasDem DIY Subardi.

Di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dukungan terhadap pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan terus membesar. Kemarin, PKB memastikan berada di belakang mereka.

Dadang adalah kader Golkar yang menyeberang ke PKB. Sementara itu, Sahrul Gunawan dikenal sebagai artis yang juga kader NasDem.

“PKB berkoalisi dengan NasDem dan Partai Demokrat. Partai keempat yang akan segera bergabung dengan kami ialah PKS,” kata Ketua PKB Jawa Barat Syaiful Huda.

Sementara itu, saat menemui pasangan Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin yang maju di Cianjur, Ketua NasDem Jawa Barat Saan Mustopa meminta keduanya bekerja ekstra keras mendongkrak indeks pembangunan manusia. Saat ini kondisi IPM Cianjur berada di peringat bawah.

“IPM adalah barometer keberhasilan pemimpin daerah. Herman-Mulyana harus memperbaiki IPM jika menang pilkada,” tegasnya.

Herman adalah petahana Bupati Cianjur. NasDem berkoalisi dengan sejumlah partai untuk kembali meng­usungnya. “Saya sepakat. Pe­kerjaan rumah ke depan bagi kami adalah mendongkrak IPM Cianjur yang masih berada di peringat bawah,” janji Herman.

Di sisi lain, pasangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan yang akan mengikuti pilkada Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, meng­aku akan membentuk tim me­­tafisik, supranatural untuk mela­yani masalah warga. (AU/AT/BY/BB/YR/RF/N-2)

BERITA TERKAIT