30 August 2020, 17:00 WIB

Taman Emmy Saelan Menambah RTH di Makassar


Lina Herlina | Nusantara

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya meresmikan ruang terbuka hijau (RTH) baru di Kota Makassar. RTH itu bernama Taman Emmy Saelan yang merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BP Jamsostek.

Taman Emmy Saelan dirancang untuk bermain, berolahraga, dan bersantai. Taman ini dibangun dengan luas 2,5 hektare (ha) dari 50 ha lahan milik Pemprov Sulsel, di Center Poin of Indonesi yang luasnya mencapai 152 ha.

Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto menjelaskan setelah dibangun selama 18 bulan, selain menjadi kawasan hijau, taman tersebut juga menjadi kawasan untuk berbagi informasi terkait BP Jamsostek yang sebelumnya bernama BPJS Ketenagakerjaan.

"Ini merupakan salah satu program bentuk tanggung jawab sosial BP Jamsostek yang salah satu filosofinya adalah mempertahankan lingkungan hidup, makanya harus dirawat dengan baik," kata Agus, Minggu (30/8).

Baca juga: Toko Eletronik Terbakar, Satu Keluarga Tewas

Sembari menikmati Taman Emmy Saelan, pengunjung juga bisa ke kawasan kuliner yang diberi nama Lego-lego (teras) yang berada tidak jauh dari taman.

Ada juga bangunan Masjid 99 Kubah yang masih dalam tahap pembangunan. Masjid ini digadang-gadang akan menjadi ikon baru Kota Makassar.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyebutkan pihaknya masih memiliki banyak lahan yang dapat dijadikan RTH. Maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah lagi jumlah RTH mengingat RTH di Sulsel masih minim.

"Jika BP Jamsostek kembali bersedia menyiapkan dana CSR-nya, maka Nurdin akan menfasilitasi. Saya kira kita masih banyak dan tentu bukan di Makassar lagi. Kalau bisa di daerah lain kalau memang ada," kata Nurdin.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar juga mengakui keberadaan RTH di Makassar belum memadai lantaran baru 11 persen dari target 30 persen. (OL-14)

 

 

BERITA TERKAIT