28 August 2020, 20:16 WIB

Sumut Minta Provider Jual Paket Data Murah


Yoseph Pencawan | Nusantara

WAKIL Gubernur Sumatera Utara meminta para provider telekomunikasi menjual paket data murah untuk membantu siswa dan guru menjalani pembelajaran daring yang hingga kini masih berlangsung akibat pandemi corona.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) mengatakan, pandemi covid-19 telah membuat perekonomian masyarakat dalam kesulitan, termasuk bidang pendidikan yang masih harus menjalani pembelajaran daring.

"Kami minta provider telekomunikasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat berupa paket data murah," ujarnya, Jumat (28/8).

Dia memaparkan, dalam situasi pandemi ini perlu ada dukungan penuh dari semua pihak yang bisa membantu meringankan beban masyarakat, termasuk di bidang pendidikan.

Karena itu Wagub meminta provider untuk memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam berbagai cara.

Baca juga : Semburan Lumpur Belerang di Blora, Empat Warga Dilarikan ke RS

Terlebih dalam situasi pandemi ini penggunaan paket data atau internet menjadi kebutuhan penting dengan masih berlangsungnya pembelajaran daring baik oleh siswa maupun mahasiswa.

Guru dan dosen juga, katanya, tentu tidak luput dari peningkatan kebutuhan akan paket data. Mereka membuat dan menyampaikan materi ajar juga melalui daring.

"Dengan kemudahan yang ada, masyarakat bisa tidak terlalu merasa kesulitan dengan kondisi sekarang ini. Karena itu kami berharap provider dapat memberikan paket data murah. Masalah akses daring ini menjadi penting. Pasti sangat membantu," tutur Wagub.

Ijeck yakin paket data murah juga akan sangat membantu pemerintah yang saat ini fokus menangani kesehatan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Wagub juga berharap para provider telekomunikasi bersedia membangun jaringan WiFi gratis di tempat-tempat khusus, seperti di rumah sakit rujukan pasien covid-19.

Perluasan coverage area juga dia harap dapat ditingkatkan oleh para provider karena hingga kini masih banyak daerah di provinsinya belum disentuh sinyal telekomunikasi.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT