17 August 2020, 06:07 WIB

Kluster Lapas Covid-19 di Batanghari Bertambah Tiga Orang


Antara | Nusantara

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) covid-19 Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi menyatakan pasien terkonfirmasi positif covid-19 dari kluster Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Bulian, Kabupaten Batanghari bertambah tiga orang sehingga jumlah totalnya naik jadi 12 kasus.

"Pasien terkonfirmasi positif covid-19 dari Kluster Lapas bertambah tiga orang,” kata juru bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Batanghari dr Elvie Yennie di Batanghari, Minggu (16/8).

Dengan bertambahnya tiga orang pasien yang terkonfirmasi positif dari kluster lapas tersebut, maka total pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 dari kluster lapas di Kabupaten Batanghari menjadi 12 orang. Ia menjelaskan sebelumnya terdapat sembilan orang petugas lapas dan kontak erat dari petugas lapas yang terkonfirmasi positif covid-19.
  
Bertambahnya pasien terkonfirmasi positif covid-19 dari kluster lapas tersebut berkat pelacakan (tracking) yang dilakukan oleh GTPP Covid-19 Batanghari. Ia mengatakan bahwa ada 50 orang petugas lapas, warga binaan dan kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang di lakukan uji swab. GTPP Covid-19 Batanghari mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. Masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 mengingat jumlah pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di daerah itu terus meningkat.

"Warga kami imbau agar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan covid-19," kata Elvie Yennie.

baca juga: Lima Dokter di Pidie Positif Covid-19

Sementara itu data dari GTPP Covid-19 Batanghari per 16 Agustus 2020 menyebutkan pada 31 orang warga Batanghari yang terkonfirmasi positif covid-19 dengan rincian 16 orang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Hamba Muara Bulian, 14 orang sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia. Sedangkan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 berjumlah 225 orang dengan rincian 100 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan covid-19 di daerah itu, 121 sudah dinyatakan sembuh dan empat orang meninggal dunia. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT