09 August 2020, 07:57 WIB

Mahasiswa dari Luar Yogyakarta Diminta Ikut Prosedur Kesehatan


Agus Utantoro | Nusantara

GUNA mempertahankan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 bagi pendatang, khususnya mahasiswa yang akan kembali kuliah, Pemkot Yogakarta meminta mahasiswa yang kembali ke Kota Yogyakarta mengikuti prosedur.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Sabtu (8/8) mengatakan Pemkot Yogyakarta telah meniapkan aplikasi untuk memantau kedatangan mahasiswa luar daerah ke Kota Yogyakarta.

"Mahasiswa asal luar daerah yang kembali ke Kota Yogyakarta diharap mengisi data dan profil di aplikasi daring yang dapat diakses melalui laman www.kuliahlagi.jogjakota.go.id," katanya.

Baca juga: Tersangka Fetish Kain Jarik Terancam 6 Tahun Penjara

Setelah mengisi, ujarnya, mahasiswa pendatang yang tinggal atau kuliah di Kota Yogyakarta akan mendapatkan QR Code yang nantinya akan digunakan sebagai bukti untuk verifikasi.

Mahasiswa asal luar daerah itu, ujarnya, juga diminta menunjukkan hasil rapid test nonreaktif, kemudian disampaikan ke pengelola pondokan/kos dan ke RT setempat.

Heroe menyebut hal ini merupakan bagian dari Corona Monitoring System dan merupakan upaya menjamin keamanan kesehatan.

Di Kota Yogyakarta, diperkirakan ada sekitar 150.000 mahasiswa asal luar daerah sehingga Pemkot Yogyakarta merasa perlu membuat aplikasi yang memberikan kemudahan pemantauan untuk mencegah penyebaran covid-19. (OL-1)

BERITA TERKAIT