07 August 2020, 18:00 WIB

Limbah Rumah Tangga Sumbang Pencemaran Citarum


Cikwan Suwandi | Nusantara

KOMANDAN Sektor (Dansektor) 19 Citarum Harum Kolonel Chb Widodo menemukan salah satu sumber pencemar Sungai Citarum. Tepat di Kelurahan Karawang Kulon Air berbusa dan berwarna putih serta sampah keluar dari gorong-gorong yang tepat berada di badan sungai tercemar.

"Ini (gorong-gorong) salah satu pencemar di Sungai Citarum," ungkap dia, kepada wartawan, Jumat (7/8).

Widodo mengatakan jika itu merupakan limbah rumah tangga, salah satunya berasal dari pertokoan Jalan Tuparev yang merupakan kawasan pecinan di Karawang.

"Kita akan telusuri terus. Untuk limbah industri kita belum bisa pastikan, kita akan telusuri sampai di mana ujungnya," tegas Widodo.

Widodo mengaku akan menghitung berapa jumlah gorong-gorong yang mengalirkan limbah rumah tangga ke Citarum. "Nanti kita juga akan cek dan ambil sampel limbah rumah tangga termasuk dari perumahan elite," ungkapnya.

Baca Juga: Pencemar Citarum Harus Dijerat Perdata

Untuk solusi, Widodo akan berupaya mengajukan untuk membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) komunal. Tujuannya, supaya limbah dari saluran tersebut tak sepenuhnya langsung masuk ke Citarum.

"Harusnya bisa dilakukan juga di wilayah perkotaan. Bagaimana pembangunan IPAL khusus limbah rumah tangga sebelum Citarum," ucapnya.

Selain uji sampel, pihaknya juga akan mengukur debit air limbah rumah tangga yang mengalir." Termasuk debitnya juga akan kita hitung. Nanti kita sinergi dengan DLHK dan PUPR," ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, sejak pekan lalu air Sungai Citarum di Karawang berubah warna hitam dan berbau serta menyebabkan ikan-ikan mati. (OL-13)

BERITA TERKAIT