23 July 2020, 11:14 WIB

Menpar Apresiasi Babel Siap Reaktivasi Pariwisata Saat New Normal


Rendy Ferdiansyah |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama mengapreasiasi beberapa daerah yang sudah melakukan persiapan reaktivasi pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya di Provinsi Bangka Belitung. 

"Seperti kita ketahui semua negara saat ini terdampak Covid-19. Tak dipungkiri, sektor pariwisata pun kena imbasnya. Tentunya untuk bangkit kembali, kita harus menjalankan protokol kesehatan dalam menyambut era new normal ini," kata Wishnutama saat webinar Reaktivasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Kamis (23/7).

Tentunya menurut Wishnutama dilakukan dari berbagai tahap dari simulasi, sosialisasi, dan uji coba sampai dengan pelaksanaan.

"Beberapa daerah sudah kami lihat sudah melakukan persiapan pelaksanaan protokol kesehatan dengan sangat baik seperti Bali, Banyuwangi, Toba, Bintan, Belitung, Labuan Bajo, dan lain-lain," ujar dia. 

Menpar meminta daerah-daerah tersebut agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, agar bisa meraih kepercayaan publik. Sebab penerapan protokol kesehatan sangat penting.

Menanggapi hal itu Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Bangka Belitung siap membuka sektor pariwisata di masa kenormalan baru dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19 demhan disiplin. Apalagi, Bangka Belitung menjadi provinsi terbaik kedua dalam penanganan Covid-19.

baca juga: Satpol PP Bali tak Lagi Jaga Gilimanuk dan Ngurah Rai

Pemprov Bangka Belitung sudah melakukan serangkaian kebijakan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari tahapan penerapan protokol kesehatan mulai dari simulasi, sosialisasi, dan uji coba sampai pelaksanaan. Pemprov Babel tidak segan-segan memberikan sanksi tegas kepada pelaku usaha yang tidak menjalankan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk memberikan jaminan keselamatan masyarakat Babel maupun orang yang datang ke Babel. (OL-3)

BERITA TERKAIT