15 July 2020, 09:10 WIB

Petahana Balikpapan Dapat Dukungan 4 Parpol


Rudi Agung | Nusantara

JELANG Pilkada Serentak di Balikpapan, Kalimantan Timur tercipta koalisi besar tercipta. Koalisi empat partai yang menguasai kursi parlemen di Kota Balikpapan mengusung bakal calon petahana Rahmad Mas'ud yang selama ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan dipasangkan dengan Ketua DPRD Balikpapan, Thohari Aziz. Setelah Partai Golkar dan PDIP mendukung pasangan tersebut, kini PKS dan Partai Demokrat juga memberikan dukungan untuk Rahmad Mas'ud dan Thohari Aziz.

Duet pasangan RahmadMas'ud-Thohari Azis mendapat dukungan 29 kursi di parlemen, dari total 45 kursi DPRD Balikpapan. Koalisi besar ini terdiri dari Golkar 11 kursi, PDIP delapan kursi, PKS enam kursi, dan Demokrat empat kursi. 

"Koalisi besar ini bukan tolok ukur kita meraih kesuksesan. Siapa menanam, dia yang memetik hasilnya," ujar Ketua DPD Golkar Balikpapan, yang juga bacalon petahana, Rahmad Mas'ud, Selasa (14/7). 

Ia mengutarakan hal itu usai menerima surat rekomendasi dari Demokrat yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat  Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY, sambung Rahmad, menitipkan partainya agar bisa memenangi Pilkada Balikpapan dan menjalani amanah sebagai wali kota dengan lebih baik.

"Pesan AHY saya menitipkan amanah partai ini kepada haji Rahmad untuk menjadi wali kota bermanfaat bagi orang banyakâ," kata Mas'ud Rahmad menirukan pesan AHY.

"Bahasanya dalam Pikada kali ini beliau menitipkan Demokrat pada haji Rahmad. Jadi saya tidak membeli partai, tetapi partai yang memberikan amanah kepada saya," sambungnya.

Ia mengapresiasi kepercayaan ini dan berjanji akan memikul amanah tersebut. 

"Kita diberikan amanah, kita optimistis, tapi bukan jaminan. Yang menjamin kemenangan itu ya kita tetap berjuang dan berusaha," papar Rahmad. 

Meski telah mendapat dukungan 29 kursi, ia masih berharap akan datang dukungan dari partai lainnya. Dua parpol lain yang disebut-sebut akan ikut mendukung calon petahana ini, berasal dari PPP dan Hanura. PPP memiliki tiga kursi di parlemen dan Hanura memiliki dua kursi. 

"Yanglain mudah-mudahan menyusul," harapnya. 

Ia menambahkan dukungan dari parpol melalui proses yuang cukup panjang, saat oa memutuskan untuk bertarung di Pilkada 2020.

"Perlu saya tekankan, dukungan ini bukan baru sekarang, panjang prosesnya," ungkapnya. 

baca juga: KPU Balikpapan Antisipasi Data Pemilih Bodong

Ketua DPC Demokrat Balikpapan,Abdul Ghafur Mas'ud, berharap dengan dukungan partainya mampu memberi perbaikan untuk Balikpapan. Abdul Ghafur yang juga Bupati  Penajam Paser Utara dan adik kandung Rahmad Mas'ud, akan bekerja keras menggerakan mesin parpolnya guna memenangi Pilkada Balikpapan. 

"Kita berharap lebih baik untuk Balikpapan. Bisa meniru Penajam Paser Utara, BPJS gratis, seragam sekolah gratis dan memprioritaskan pelayanan dasar kebutuhan warga," ujar Ghafur, yang ikut mendampingi AHY memberi dukungan pada bacalon petahana. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT