10 July 2020, 14:05 WIB

Dua dari 12 Petani yang Diserang Lebah Meninggal


Adi Kristiadi | Nusantara

SEBANYAK 12 petani yang sedang menggarap sawahnya di Blok Cilongkeang, Desa Dirgahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, diserang ratusan lebah (Odeng). Dalam peristiwa itu dua orang meninggal dunia.

Kapolsek Kadipaten Polresta Tasikmalaya, AKP Erustiana mengatakan, 12 petani yang sedang bekerja di areal persawahan tiba-tiba diserang ratusan lebah odeng. Mereka kaget dan berusaha menyelamatkan diri sembari berteriak meminta pertolongan.

"Serangan lebah mendadak itu membuat kaget petani yang sedang bekerja di lahannya. Ada 12 petani tersengat, namun dua orang atas nama Elah, 57, dan Aminah, 56, terluka cukup parah akibat sengatan lebah. Keduang dibawa ke Puskesmas Lambau, Kecamatan Ciawi," kata AKP Erustiana, Jumat (10/7/2020).

Erustiana mengatakan, ada 10 orang harus berobat jalan, dua orang lainnya dalam penanganan intensif. Suhu tubuh keduanya panas dan demam, namun pada Rabu (8/7) sekitar pukul 19.00 WIB Aminah meninggal dunia. Keesokan harinya, Kamis (9/7) menyusul Elah meninggal pukul 19.45 WIB.

"Keduanya sudah dimakamkan. Alhamdulillah 10 petani lain yang menjadi korban kondisinya berangsur membaik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dirgahayu, Yana Rohana mengatakan, pihaknya telah berupaya melakukan langkah atas kejadian yang terjadi itu dengan membakar sarang lebah (odeng). Dia meminta agar seluruh warga yang menemukan sarang lebah supaya memberikan informasi dan jangan merusaknya karena berbahaya.

"Kami mengimbau warga agar berhati-hati dan jika menemukan sarang jangan dirusak. Sebaiknya memanggil para petugas atau aparat desa," imbaunya. (OL-13)

Baca Juga: Cegah Serangan Vespa Affinis, Jateng Lakukan Patroli

 

BERITA TERKAIT