07 July 2020, 09:13 WIB

Warga Jepara Tidak Merasakan Gempa


Akhmad Safuan | Nusantara

GEMPA bumi yang terjadi di Jepara, Jawa Tengah berkekuaran 6.1 SR pada Selasa (7/7) tidak dirasakan oleh warga Jepara, bahkan di dekat titik gempa di Pulau Parang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Gempa bumi terjadi di Jepara Tepatnya di koordinat 6,12 lintang selatan dan 110,55 bujur timur pada pukul 05.54 WIB. Laporan  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan 6.1 SR pusat di 53 kilometer barat laut dengan kedalaman 578. Bahkan warga di wilayah terdekat dengan pusat gempa yakni Pulau Parang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara juga tidak merasakan getaran gempa. Ditambah belum ada laporan dampak yang ditimbulkan pada peristiwa tersebut.

Seorang warga tidak jauh dari pantai Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara Hadi Priyanto,60  mengatakan meskipun ramai diberitakan namun warga tidak merasakan adanta gempa pagi ini. 

"Warga yang bangun dari subuh tidak merasakan, kami malah kaget ramainya pemberitaan," kata Hadi

Hal serupa diungkapkan Warsono,49, warga dan nelayan di Pulau Parang, Kecamatan Karimunjawa, Jepara yang wilayahmya terdekat dengam pusat gempa. Selain tidak merasakan gempa yang dimaksud, kondisi perairan di sekitar gugusan pulau ini tidak berubah.

baca juga: Gempa 6,1 SR Guncang Jepara, Jateng

"Warga di Pulau Parang ini juga masih tetap beraktivitas seperti biasa, karena tidak merasakan apa-apa dan tidak ada perubahan di sini," kata Warsono.

Demikian juga diungkapkan Nur Hidayat, anggota DPRD Jepara di Pecangaan, Jepara mengaku tidak merasakan adanya gempa pagi ini. Bahkan ia telah memonitoring wilayah rawan di kabupaten pantura ini, tapi belum axa laporan dampak gempa tersebut.

Warga di sepanjang pantai Jepara, lanjut Nur Hidayat, juga tidak merasakan adanya gempa tersebut. 

"Saya malah heran karena di Jepara tidak terasa aa-apa, tapi khabarnya dirasakan di daerah lain," ujarnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT