03 July 2020, 02:55 WIB

GTPP Covid-19 Denpasar Waspadai Transmisi Lokal


Ruta Suryana | Nusantara

UNTUK menekan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Denpasar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar, Bali, terus melakukan pemantauan dan pembinaan ke desa-desa dan pasar rakyat di Kota Denpasar. Kamis (2/7), Tim melakukan pemantauan dan pembinaan di lingkungan Desa Ubung Kaja dan pasar desa yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Dinas DPMD Kota Denpasar, IB Alit Wiradana mengatakan, pemantauan dan pembinaan yang dilakukannya bersama Satgas Desa dan Satgas Banjar adalah untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya penularan Covid-19 mengingat saat ini penularan banyak terjadi pada transmisi lokal.

Dalam pemantauan dan pembinaan itu, pihaknya mewajibkan kepada pengelola pasar desa menyediakan tempat cuci tangan untuk pedagang maupun pengunjung. Selain itu pengelola juga wajib mengukur suhu badan para pedagang dan pengunjung di pintu masuk pasar.

"Jika menemukan pengunjung yang suhu badannya melebihi batas normal agar tidak memberikan izin masuk pasar dan menyarankan pulang untuk istirahat di rumah dan periksa diri ke dokter," ujarnya.

Selain itu, pengelola pasar juga wajib mengingatkan pedagang dan pengunjung memakai masker, serta melakukan penyemprotan disinfektan setelah pasar tutup. Sementara untuk masyarakat, diminta menyediakan tempat cuci tangan di depan pintu masuk rumah.

"Dengan demikian ketika pemilik rumah atau tamu yang baru datang bisa cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk rumah," ungkap Alit Wiradana. (R-1)

BERITA TERKAIT