18 June 2020, 19:20 WIB

Transmisi Lokal Covid-19 di Bali Mendominasi


Arnoldus Dhae | Nusantara

Transmisi lokal mulai mendominasi di Bali. Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Bali Dewa Made Indra mengatakan kasus positif covid-19 terus mengalami peningkatan.  

Dari data, diketahui jumlah total positif covid-19 per hari ini sebanyak 895 orang. Ada penambahan 66 orang dibandingkan kemarin. Rinciannya 2 orang merupakan pekerja migran Indonesia dan 64 transmisi lokal.

Total pasien sembuh hari ini 553 orang atau bertambah 11 orang. Lalu, pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 336 orang.

"Jumlah pasien yang meninggal sebanyak 6 orang," kata Ketua Harian GTPP Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam rapat virtual terkait evaluasi optimalisasi tempat karantina, di Denpasar, Kamis (18/6).

Baca juga: Positif Covid-19 di Sidoarjo Bertambah 32 Orang Saban Hari

Menurutnya, tren penambahan kasus positif covid-19 mulai mengalami perubahan. "Yang sebelumnya disumbangkan oleh imported case, saat ini penambahan terjadi karena banyaknya oknum warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga menyebabkan transmisi lokal," ujarnya.

Peningkatan kasus positif covid-19 ini tentunya membutuhkan tempat karantina yang memadai dengan jumlah fasilitas sarana prasarana dan juga tenaga medis. "Dengan jumlah yang terus meningkat tentu mengakibatkan tempat karantina semakin penuh, sehingga diperlukan sirkulasi yang cepat dan terkoordinisasi antarinstansi dan pihak terkait," paparnya.

Oleh karena itu, Dewa Indra meminta Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali melakukan koordinasi lebih lanjut dan follow up terkait kebutuhan yang diperlukan di tempat karantina. "Termasuk keperluan WiFi dan tempat tidur bagi tenaga keamanan yang menjaga tempat karantina," katanya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT