16 June 2020, 12:28 WIB

Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Berkebun Sayur


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

BHAYANGKARI Sat Brimob Poda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut terlibat dalam menggerakkan ketahanan pangan keluarga lewat berkebun sayur dan budidaya lele. Adiba Imam Suhadi, istri Komandan Sat Brimob Polda DIY menyampaikan hal itu saat menunjukkan lahan kosong di sekitar rumah di Markas Brimob Baciro yang dimanfaatkan sebagai perkebunan sayur, Selasa (16/6).

Adiba yang juga seorang Polwan ini menjelaskan Komandan Sat Brimob DIY tersebut menjelaskan kebun sayur tersebut mampu mencukupi kebutuhan makan sehari-hari.

"Berkebun di rumah juga memberikan kegiatan positif selama dalam masa pandemi ini," ujar Adiba.

Adiba melanjutkan, selain mendukung tugas-tugas di institusi kepolisian, Bhayangkari juga harus aktif secara bersama-sama ikut membantu negara dengan mengatasi masalah covid-19 dengan turut menjaga ketahanan pangan.

baca juga: Warga Bisa Tersenyum Lewat Warung Sedekah

Aksi berkebun itu juga disaksikan oleh Anggota DPRD DIY, Retno Sudiyanti. Menurutnya kegiatan Bhyangkari Sat Brimob Polda DIY merupakan wujud gerakan menjaga ketahanan pangan dari tingkat terkecil, yaitu keluarga. 

"Mungkin ini masih dalam skala yang kecil  tetapi jika ini dilakukan dengan baik dan benar, kegiatan ini akan dirasakan manfaatnya oleh semua pihak," kata Sekretaris Komisi A DPRD DIY tersebut.

Ia mencontohkan, kebun sayur dan ikan lele bisa memberi rasa aman dalam  menyediakan kebutuhan pangan keluarga.

Komandan Bataylon Brimob Sentolo, Agus Mulyono membenarkan Markas Brimob Sentolo turut mendukung kegiatan Bhayangkari, termasuk pemanfaatan lahan untuk ketahanan pangan keluarga. Salah satu kegiatan yang dilakukan di Markas Sentolo adalah budidaya lele. (OL-3)

BERITA TERKAIT