27 May 2020, 12:34 WIB

Belitung Rawan Penyebaran Covid-19 Transmisi Lokal


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KETUA  Sekretariat Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa menyebutkan daerah paling rawan penyebaran transmisi covid-19 transmisi di Babel adalah Belitung.

"Sampai saat ini di Babel, ada 7 kasus penyebaran covid-19 transmisi lokal yakni Belitung 5 kasus dan Bangka 2 kasus, dari data ini, Belitung merupakan yang paling rawan untuk transmisi lokal," kata Mikron Antariksa. Rabu (27/5).

Tingginya kasus tranmisi lokal penyebaran covid-19 di Belitung ini, menurut Mikron harus terus diantisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak menghindari kerumunan, cuci tangan dan rapid test.

"Protokol kesehatan ini harus benar-benar di jalankan, ini bahaya kalau tidak di antisipasi, sebenarnya Belitung untuk kasus positif covid-19 sudah sembuh semua, tapi 15 menit setelah pengumuman pasien terakhir sembuh, terkonfirmasi 3 pasien positif," ujarnya.

baca juga: Pasien Covid-19 Melonjak Ratusan Kantong Mayat Disiapkan

Berselang beberapa hari, pasien positif di Belitung kembali bertambah tiga lagi sehingga total ada penambahan kasus positif 6 orang.

"Untuk Babel saat ini terkonfirmasi 42 positif, tersebar di Bangka Barat 15 orang, Bangka Selatan 2 orang, Bangka 5 orang, Pangkalpinang 7 orang, Bangka Tengah 2 orang, 13 orang dan Belitung Timur 1 orang dan korban meningal 1 orang," ungkap dia.

Dari 42 kasus positif tersebut, lanjutnya untuk pasien yang sembuh 28 orang dengan rincian, Bangka Barat 15 orang, Bangka selatan 1 orang dan 1 meninggal, Bangka 3 orang, Pangkalpinang 3 orang, Belitung 5 orang Belitung Timur 1 orang.(OL-3)


 

BERITA TERKAIT