02 May 2020, 16:12 WIB

Kapolresta Sidoarjo Sayangkan Warga Masih Langgar PSBB


Heri Susetyo | Nusantara

WARGA masih melanggar penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pelanggaran itu terpantau saat pemeriksaan petugas gabungan di sejumlah check point.

Pelanggaran di antaranya tak mengenakan masker, berboncengan, atau tetap keluar rumah saat jam malam.

Baca juga: UGM Gelar Upacara Hari Pendidikan secara Online

Saat mengecek sejumlah check point, Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji turut memeriksa pengendara roda dua yang berboncengan dan kendaraan roda empat bernomor polisi dari luar wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Masih ada pengendara roda dua dan roda empat yang mengabaikan peraturan PSBB, sebagaimana tertera dalam Perbup 32 tahun 2020. Karenanya kami lakukan teguran kepada mereka. Ada juga yang datang dari Pasuruan dengan alasan kurang jelas, harus kami minta untuk kembali pulang," tegas Sumardji, Sabtu (2/5).

Baca juga: Mau Perpanjang PSBB, Gubernur Sumbar Pastikan Sanksi lebih Tegas

Sumardji kembali mengimbau kepada masyarakat agar turut mematuhi peraturan PSBB. Demi mempercepat memutus mata rantai penyebaran virus korona, khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Termasuk pada saat malam hari, diminta jangan ada yang keluyuran dan memasuki wilayah Kabupaten Sidoarjo sebelum pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB karena diberlakukan jam malam.

Sementara bagi petugas gabungan juga diingatkan tak lelah melakukan pengecekan atau pemeriksaan para pengendara. Termasuk juga penerapan protokol kesehatan terhadap pencegahan covid-19 di setiap pos check point.

"Berbagai himbauan kepada masyarakat terkait PSBB, akan kami gencarkan baik melalui pengeras suara, baliho, selebaran dan bentuk lainnya," kata Sumardji. (X-15)

BERITA TERKAIT