21 February 2020, 21:41 WIB

Tanah Bergerak di Tegal, Enam Rumah Rusak


Supadji Rasban | Nusantara

HUJAN yang terus mengguyur membuat tanah di perbukitan Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengalami pergerakan dan retak-retak. Akibatnya enam rumah warga mengalami kerusakan baik berat maupun ringan.

Pergerakan retakan tanah memanjang dan masuk rumah hingga lantai membuat dinding keenam rumah warga desa Padasari tersebut bergeser dan rusak. Sebagian penghuni dari enam rumah yang empat di antaranya rusak berat, terpaksa mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman.


Keterangan yang dihimpun menyebutkan, pergerakan tanah masih terjadi hingga Jumat (21/2), dan dikhawatirkan keretakan tanah di kawasan
perbukitan tersebut semakin meluas/ memanjang.

Salah seorang warga Desa Padasari, Ade Sanmsudin, 47, menuturkan, saat kejadian warga sempat panik karena mendengar suara retakan dinding rumah.

"Warga langsung keluar menyelamatkan diri," tutur Ade Samsudin.

Ade Samsudin menenyebut selain merusak rumah, sumur warga pun rusak dan hancur terkena retakan tanah sehingga tidak bisa digunakan atau diambil airnya untuk keperluan sehari-hari.

"Kalau rumah semuanya ada enam rumah warga di sini yang rusak. Empat rusak berat dan dua lainnya rusak ringan," terang Ade Samsudin

Hingga kini warga masih khawatir dengan curah hujan yang tinggi dan bisa menyebabkan kondisi retakan semakin parah. Warga berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal memberikan bantuan kepada pemilik rumah yang mengalami kerusakan. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT