05 July 2019, 13:15 WIB

Jokowi Targetkan Pembenahan Tata Ruang Pulau Bunaken Rampung 2020


Nur Aivanni |

Presiden Joko Widodo meminta kepada jajarannya untuk membenahi tata ruang di kawasan Bunaken. Pasalnya, kata dia, Pulau Bunaken memiliki potensi yang bagus sebagai destinasi pariwisata.

"Ini mau dibuat perencanaan dulu, untuk membuat cluster sehingga penduduknya di sebelah mana jelas, tempat wisatanya di mana jelas, area konservasi di mana jelas, sehingga batasan itu yang paling penting segera direncanakan," kata Jokowi seusai meninjau Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, Jumat (5/7).

Penataan tersebut dilakukan agar Pulau Bitung akan menjadi kawasan wisata yang tertata rapi ke depannya. Oleh karena itu, menurutnya, pengembangan kawasan tersebut harus benar-benar didesain sejak awal. "Kalau sudah ramai, sulit kita mengendalikan, cluster-nya betul-betul diatur. Tadi sudah saya perintahkan," tegasnya.

Jokowi menargetkan pembenahan tata ruang Pulau Bunaken tersebut bisa rampung  2020. Pasalnya, kata dia, banyak wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Bunaken.

"Kita ini dikejar oleh turis yang ingin masuk, tapi runway-nya kurang panjang, terminal airport-nya kurang gede, produknya banyak yang harus disiapkan, ini kan kejar-kejaran, jangan sampai ditinggal oleh konsumen," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menginginkan agar anggaran yang dikeluarkan untuk membenahi tata ruang di Bunaken tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya. "Jadi infrastruktur betul-betul memberikan dampak terhadap investasi, ekonomi dan dampak ke masyarakat," tandasnya. (OL-09)

BERITA TERKAIT