26 January 2019, 15:15 WIB

KPU Bantul dan KPU Sleman Hibahkan Kotak Suara Aluminium


Agus Utantoro | Nusantara

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul dan KPU Kabupaten Sleman menghibahkan kotak suara aluminium ke pemerintah kabupaten masing-masing. Karena kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2019 ini tidak lagi menggunakan bahan aluminium tetapi kardus.

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho, Jumat (25/1) mengatakan, kotak suara yang dihibahkan itu sebanyak 1.918. 

"Pemilu bulan April 2019 mendatang tidak lagi menggunakan kotak suara aluminium," katanya.

Kotak suara yang terbuat dari aliminium ini merupakan inventaris yang pengadaannya dilakukan untuk keperluan Pemilu 2004 lalu. Ia mengatakan, kotak suara yang dihibahkan itu diharapkan akan digunakan pada pelaksanaan pemilihan kepala desa atau yang lainnya.

Selain dihibahkan, ada pula yang sudah dihapuskan melalui lelang sebanyak 6.384 kotak suara beberapa waktu sebelumnya.

 

Baca juga: Ini Motif Tersangka BBP Ciptakan Hoaks 7 Kontainer Kotak Suara Tercoblos

 

Sementara KPU Kabupaten Sleman menghibahkan 1.230 kotak suara aluminium ke Pemkan Sleman. 

"Berdasar UU no.7/2017 tentang Pemilu, kotak suara berbahan dasar aluminium sudah tidak digunakan pada Pemilu 2019 dan sebagai gantinya menggunakan kotak suara berbahan duplex," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi.

Menurut dia dengan penggunaan kotak suara yang baru yang sesuai dengan undang undang yang berlaku sekarang, kotak suara yang terbuat dari aluminium itu kemudian dihapuskan dari inventaris. 

"Metode penghapusannya ada yang dihibahkan ada yang dilelang," katanya.

Lelang kotak suara sebanyak 8.880 unit itu, jelasnya, dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). (OL-3)

BERITA TERKAIT