03 May 2022, 10:24 WIB

Presiden Imbau Masyarakat Kembali dari Kampung Lebih Awal


Indriyani Astuti |

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar masyarakat kembali lebih awal setelah melakukan perjalanan mudik lebaran. Tujuannya, untuk menghindari kemacetan baik di jalan tol, jalan nasional, maupun anti masuk ke kapal di pelabuhan.

"Saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal," ujar presiden melalui keterangan yang ditulis di akun twitter resmi @jokowi, Selasa (3/5).

Presiden merinci, untuk mudik tahun 2022 setidaknya ada 85,5 juta orang kembali ke kampung halaman, 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor. Angka itu didasarkan pemerintah dari Hasil survei Kementerian Perhubungan.

Menurut presiden, sejauh ini perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah berlangsung baik. Demikian pula arus mudik lebaran. Meskipun Jokowi mengakui ada antrean kendaraan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni karena kurangnya kapal angkutan.

"Meski kapal sudah ditambah, volume kendaraan memang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Dermaganya perlu ditambah," tukas presiden. (OL-12)

BERITA TERKAIT