01 June 2023, 00:11 WIB

Sukarelawan Ini Ajak Ibu-Ibu di Jakarta Barat Jaga Ketahanan Pangan dengan Menanam Cabai


Ghani Nurcahyadi |

SUKARELAWAN Mak Ganjar mengajak puluhan ibu-ibu di Pegadungan, Jakarta Barat untuk budidaya cabai di dalam pot pada Rabu (31/5). 

Koordinator Mak Ganjar Jakarta Barat, Listiawati menjelaskan program itu juga sebagai gerakan untuk ketahanan pangan di Jakarta. Mak Ganjar turut memberikan pelatihan kepada para ibu-ibu untuk cara budidaya cabai.

"Jadi Petik Masak ini juga kegiatan mengajarkan menanam pohon cabai kepada ibu-ibu, mereka juga sebelumnya sudah menanam tapi belum membuahkan hasil makanya kita beri pelatihan," kata Listi.

Baca juga : Bekali Milenial Keterampilan, Sukarelawan Ini Gelar Pelatihan Desain Grafis Melalui Ponel

Listi menambahkan, sekitar 300 bibit pohon cabai dibagikan di Pegadungan. Ia juga berharap dengan program ini ibu-ibu bisa mengembangkannya hingga membantu perekonomian keluarga.

"Karena cabai itu kan penting di dalam rumah tangga, apalagi harga di pasar suka mahal, dengan program ini ibu-ibu bisa panen sendiri dan menikmati hasilnya," kata Listi.

Baca juga : Lestarikan Budaya, Sukarelawan Ini Unjuk Budaya Reog Ponorogo Bareng Komunitas Lokal

Sementara itu salah satu peserta Petik Masak, Erni Setiawati mengatakan pelatihan itu sangat memotivasi kalangan ibu rumah tangga seperti dirinya.

"Program ini sangat bagus karena menambah pengetahuan dan kita bisa memiliki kebun sendiri dan juga bisa memetik hasil yang kita tanam," terang Erni.

"Semoga ini bisa berkelanjutan untuk emak-emak di Jakarta supaya bisa lebih bermanfaat dan lingkungan menjadi lebih hijau," katanya. (RO/Z-5)

BERITA TERKAIT