16 March 2023, 13:48 WIB

Kiprah Kuncoro Wibowo di Bidang Transportasi Hancur Karena Dana Bansos 


Putri Anisa Yuliani |

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan alasan dirinya menunjuk eks Direksi KAI, Kuncoro Wibowo, untuk menjadi Direktur Utama PT TransJakarta. Menurutnya, Kuncoro memiliki kapabilitas untuk memimpin BUMD transportasi itu karena telah berpengalaman di bidang transportasi sebelumnya di PT KAI.

"Ya pertama kan beliau pengalamannya di transportasi," kata Heru di Jakarta, Kamis (16/3).

Namun, Kuncoro kemudian mengundurkan diri lantaran tersangkut kasus korupsi yang kini sedang dalam penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengunduran dirinya dilakukan tepat selang dua bulan setelah dirinya ditunjuk menjadi Dirut TransJakarta pada 11 Januari lalu.

Baca juga: Mantan Dirut TransJakarta Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Bansos

Heru pun sudah menunjuk Direktur Teknik dan Digital TransJakarta Mohamad Indrayana sebagai pelaksana direktur utama untuk menggantikan sementara posisi yang ditinggalkan Kuncoro.

"Kan sudah diganti dengan Plt-nya direktur teknik nanti kita pilih," kata dia.

Baca juga: Kuncoro Wibowo Diangkat Jadi Dirut Transjakarta

Sebelumnya, informasi pengunduran diri Kuncoro pertama kali merebak pada Senin (14/3) lalu. Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak membenarkan pengunduran diri Kuncoro Wibowo yang diisukan karena terganjal kasus korupsi.

Meskipun demikian, hingga kini, KPK belum memberikan keterangan resmi terkait penetapan status tersangka Kuncoro Wibowo maupun kasus yang membelitnya. (Z-10)

BERITA TERKAIT