25 January 2023, 23:16 WIB

KPU Tangsel Lantik 162 Petugas PPS Pemilu 2024


Syarief Oebaidillah |

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten,  melantik 162 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 mendatang. Ratusan petugas PPS itu akan disebar di 54 di Tangsel.

Ketua KPU Kota Tangsel, M. Taufik Mizan, mengutarakan 162 petugas PPS itu terpilih berdasarkan hasil proses seleksi panjang dari 474 pendaftar.

"Dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta penandatanganan pakta integritas ini, maka 162 petugas PPS Kota Tangsel telah resmi sebagai badan ad hoc kami yang bertugas dalam pelaksanaan kepemiluan," ungkap M. Taufik Mizan pada pelantikan tersebut di Gedung Intermark, BSD, Kecamatan Serpong, Tangsel.

Ia menjelaskan setiap kelurahan di Tangsel akan ditempatkan 3 anggota PPS. Pada tahap awal, mereka akan membantu proses verifikasi faktual calon pendaftar DPD dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Tangsel.

Usai pelantikan ini, lanjut dia, PPS mulai menjalani tugas dan fungsinya dimulai pada 24 Januari 2023 hingga 4 April 2024. Paling dekat, lanjutnya, KPU bersama PPS mengawal verifikasi faktual calon perseorangan (DPD RI) yang sebarannya berada di Kota Tangsel Selanjutnya pada Februari 2023 para PPS bersama PPK juga melakukan perekrutan Pantarlih (Panitia Pemutakhiran Data Pemilih). (OL-15)

BERITA TERKAIT