25 January 2023, 17:34 WIB

DKI Targetkan Konstruksi LRT Jakarta ke Manggarai Dimulai Tahun Ini


Putri Anisa Yuliani |

PEMPROV DKI Jakarta mengajukan izin trase kelanjutan rute LRT Jakarta dari Velodrome menuju Manggarai ke Kementerian Perhubungan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, yang berharap izin tersebut bisa segera terbit.

"Kami berharap bahwa pada 2023 ini konstruksinya sudah mulai dilaksanakan," ujar Syafrin di Gedung DPRD DKI, Rabu (25/1).

Sebelumnya, pemerintah pusat telah menyetujui kelanjutan rute LRT Jakarta dari Velodrome menuju Manggarai, agar terjadi integrasi dengan KRL Jabodetabek di kawasan tersebut.

Baca juga: RI Gandeng Inggris untuk Operasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat

"Pak Gubernur sudah menyampaikan surat permohonan persetujuan trase ke Pak Menhub dan Pak Dirjen Perkeretaapian. Sudah melakukan rapat pembahasan teknis terkait dengan usulan Pak Gubernur. Kita menunggu terkait itu," imbuhnya.

Dalam dokumen izin trase, pihaknya turut menyertakan hasil studi kelayakan rute LRT Jakarta bersama dokumen pendukung lainnya. Sebelumnya, Dishub DKI pernah memiliki kajian rencana pembangunan rute LRT Jakarta menuju Dukuh Atas melewati Manggarai pada 2018. 

Akan tetapi, kajian tersebut mentok, karena Kemenhub tidak menyetujui rute LRT Jakarta dilanjutkan. Pemprov DKI kemudian berencana membelokkan LRT Jakarta menuju Jakarta International Stadium (JIS). Niat itu diurungkan, setelah tahun lalu Kemenhub berubah pikiran dan menyetujui rute LRT Jakarta ke Manggarai.

Baca juga: LRT Jakarta Transportasi Ramah dan Nyaman

"Sekarang setelah diputuskan bahwa LRT Velodrome-Manggarai disetujui. Tentu kami mengajukan kembali dan hasil kajian yang sebelumnya sudah dilakukan pada 2016-2017. Ini kami review kembali, kemudian disampaikan ke Kemenhub," jelas Syafrin.

Kajian tersebut juga mendetailkan aspek keselamatan. Sebab, nantinya lintasan rel LRT Jakarta memiliki tinggi 30 meter. Lintasan tersebut harus berada di atas Stasiun Manggarai, yang kini memiliki ketinggian serupa gedung empat lantai.

Diketahui, rute LRT Jakarta baru terbangun 5,6 km dari Stasiun Pegangsaan ke Velodrome Rawamangun. Stasiun Pegangsaan berfungsi sebagai kantor pusat, sekaligus depo kereta LRT. Adapun LRT Jakarta sudah berintegrasi dengan Transjakarta melalui Stasiun Velodrome, yang tersambung jembatan penyeberangan dengan Halte Pemuda.(OL-11)

BERITA TERKAIT