24 January 2023, 20:41 WIB

Polisi: 11 TKW Jadi Korban Penipuan Wowon Cs


Rahmatul Fajri |

POLDA Metro Jaya (PMJ) mengungkapkan saat ini ada 11 tenaga kerja wanita (TKW) yang menjadi korban penipuan tersangka kasus pembunuhan berantai Wowon Erawan alias Aki cs. 

Adapun sejumlah korban mengirimkan sejumlah uang kepada tersangka Dede Solehudin. Kemudian, digunakan oleh Wowon dan tersangka lainnya bernama Duloh. 

Korban mengirimkan uang melalui transfer rekening dan Western Union. Namun, pihak kepolisian belum bisa membeberkan jumlah uang yang telah dihimpun.

Baca juga: Belajar dari Kasus Wowon Cs, Hati-Hati Modus Penggandaan Uang

"Ada dua jenis melalui rekening maupun melalui Western Union sejenis wesel yang bisa diambil di kantor Pos dan Pegadaian," jelas Direktur Kriminal Umum PMJ Kombes Hengki Haryadi, Selasa (24/1). 

Melalui penelusuran rekening maupun Western Union tersebut, penyidik melakukan inventarisir jumlah korban penipuan. Hasilnya, diketahui korban penipuan adalah TKW yang berada di luar negeri dan TKW yang telah kembali ke Indonesia. 

"Beberapa orang sudah kembali ke Indonesia. Dalam perjalanan ke Polda Metro Jaya untuk kita ambil keterangan tiga orang. Nah sisanya ini sedang kami cari," imbuhnya.

Sementara itu, terhadap korban TKW yang masih belum bisa dihubungi, penyidik akan melakukan penelusuran dengan mencari keluarga TKW yang ada di Indonesia. "Kami hubungi keluarganya untuk mencari keberadaan korban penipuan ini," kata Hengki.

Baca juga: Ilmu Supranatural Jadi Alasan Wowon Cs Incar Nyawa Anak

Menurut Hengki, para korban penipuan awalnya bertemu dengan Wowon. Setelah itu, Wowon seolah-olah bisa menggandakan uang di dalam amplop. Hal tersebut yang membuat para korban tertarik untuk menyerahkan uangnya.

"Misalnya seribu tiba-tiba dibuat sedemikian rupa isinya, bisa menjadi sepuluh ribu," pungkasnya.

Penipuan yang dilakukan Wowon seperti multi level marketing (MLM). Setelah korban terjerat modus Wowon, kemudian akan mengajak teman lainnya. Salah satu TKW bernama Siti yang dibunuh oleh Wowon, juga mengajak temannya untuk mengirimkan uang kepada Wowon agar bisa digandakan.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT