22 January 2023, 15:32 WIB

Sandiaga dan Karang Taruna Kebon Baru Panen hasil Budidaya Ikan Lele


Selamat Saragih |

MENPAREKRAF Sandiaga Uno bersama Karang Taruna Kelurahan Kebon Baru memanen hasil budidaya ikan dalam ember lewat program 'Juragan Lele Lalap'. Panen tersebut menghasilkan ratusan kilo ikan lele.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK). Panen dilakukan setelah masa budidaya selama tiga bulan.

"Karang Taruna ini generasi muda harapan bangsa. Mereka harus bisa produktif, mereka harus bisa cari pengalaman, langsung bisa cari duit. Dengan panen 295 kilogram ini, nilainya saya udah hitung 10 juta rupiah lebih," ujar Sandiaga Uno di Sasana Krida Bakti, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (21/1/2023).

Sandiaga juga memberikan bantuan pascapanen yaitu freezer, vacum sealer, plastic sealer, food processor, timbangan digital, serta pelatihan pengolahan. Lalu, Sandiaga juga menyerahkan bantuan seperangkat alat usaha warung pecel lele berupa etalase, tenda, meja, hingga penggorengan, kompor, dan gas.

"Satu piring tadi Rp15 ribu, kalau dijual mungkin 100 piring aja udah Rp1,5 juta pendapatan mereka perhari. Warga aja di sini ada berapa pak RW? Seribu lebih. 10% aja yang beli 100 udah Rp1,5 juta," ucap Sandiaga.

"Semuanya kompak kita lanjutkan pembangunan ini sehingga kita bisa mensejahterakan rakyat kita khususnya ngadepin tahun-tahun ekonomi yang walaupun masih bagus tapi kita harus waspada. Kita harus bangun kekuatan ekonomi rakyat," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kelurahan Kebon Baru, Laode Hardian menganggap program Sandiaga tersebut tepat sasaran. Menurut pemuda yang akrab disapa Lahar ini, program tersebut efektif mencegah kegiatan-kegiatan negatif para remaja.

"Ini merupakan suatu terobosan seorang Pak Sandiaga Uno, tokoh nasional, pejabat negara yang peka melihat apa yang dibutuhkan saat ini oleh masyarakat kita. Makanya kita semua sangat respect banget, kebijakan yang sangat cerdas menurut kami beliau bisa memberikan bantuan tepat sasaran kepada masyarakat yang khususnya kita nih anak-anak muda," kata Lahar.

Lebih lanjut, Lahar berharap banyak Sandiaga Uno baru ke depannya. Dia juga mengaku termotivasi menjadi pengusaha lantaran program ini.

"Saya pengen dari tangan Pak Sandiaga Uno bisa mencetak Pak Sandiaga Sandiaga lainnya nanti. InsyaAllah mudah-mudahan kami bisa melahirkan para enterpreneurship-enterpreneurship muda di wilayah kami," tutur Lahar.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mendatangi lokasi tersebut pada Oktober 2022 lalu. Karang Taruna di Sasana Krida Bakti merupakan karang taruna pertama di Indonesia.

"Saya sangat berbahagia hari ini, di lokasi karang taruna pertama di Indonesia memberikan bantuan yang diperlukan oleh warga yaitu 3 kolam biofolk, 50 unit budidaya ikan dalam ember (budidamber), 4.300 bibit ikan lele lengkap dengan pakan hingga masa panen dan pembinaan," kata Sandiaga, Minggu (23/10/22). (OL-13)

BERITA TERKAIT