20 January 2023, 12:19 WIB

Memasuki Puncak Musim Hujan, BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Tetap Waspada


Mohamad Farhan Zhuhri |

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan puncak musim penghujan akan berlangsung hingga Februari 2023.

Oleh karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat sebagai antisipasi puncak musim hujan.

"Masyarakat perlu menyiapkan perlindungan diri, terutama bagi yang akan beraktivitas di luar ruangan, seperti membawa payung, jaket, topi, ataupun jas hujan," ujar Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang berdasarkan keteranga resmi, Jumat (20/1).

Baca juga: Jakarta Diprakirakan Hujan Sepanjang Jumat

Michael menyampaikan bagi para pejalan kaki dan pengguna kendaraan, agar menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka.

Hal tersebut dimaksudkan agar terhindar dari terjadinya kejadian terperosok ke saluran air atau gorong-gorong tersebut.

"Lalu, masyarakat perlu untuk selalu memantau informasi perkembangan cuaca yang kami sampaikan melalui website bpbd.jakarta.go.id dan media sosial BPBD lainnya," kata Michael.

Ia pun menginformasikan bahwa masyarakat juga dapat memanfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan telepon ke nomor 112.

Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi JAKI untuk melaporkan kejadian banjir atau genangan yang terjadi di sekitar tempat tinggal. (OL-1)

BERITA TERKAIT