03 January 2023, 20:46 WIB

Cegah Penculikan, Polisi Imbau Warga tidak Mudah Percaya Orang Asing


Rahmatul Fajri |

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan orang asing. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya penculikan anak. 

Imbauan tersebut diungkapkan Fadil setelah munculnya kasus penculikan yang dialami bocah berusia enam tahun bernama Malika. "Ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Jangan mudah percaya kepada orang asing," ujar Fadil di RS Polri Kramat Jati, Selasa (2/3).

Baca juga: Penculikan Malika Diungkap 26 Hari, Polisi: Pelaku Memiliki Keahlian

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin juga meminta peran masyarakat, khususnya orang tua, untuk mengawasi lingkungannya. Menurutnya, semua pihak harus terlibat, agar kejadian penculikan terhadap anak di bawah umur tidak kembali terulang.

"Peran sosial sangat memiliki bobot luar biasa agar kita bisa menjaga agar hal ini tidak terulang lagi," pungkas Komarudin.

Sebelumnya, sebuah video yang diunggah akun instagram @infokomando.official memperlihatkan aksi penculikan terhadap seorang anak bernama Malika (6). Penculikan itu terjadi di Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Baca juga: Hasil Visum, Tidak ada Kekerasan Seksual terhadap Malika

Awalnya video yang viral itu memperlihatkan korban berjalan di sekitar lokasi. Kemudian, terlihat seorang pria dengan pakaian serba hitam dan topi muncul, lalu mendekati korban.

Pelaku pun memegang tangan korban dan membawanya naik ke sebuah bajaj. Peristiwa penculikan itu terjadi sekitar 7 Desember 2022. Setelah 26 hari dilakukan pencarian, Malika ditemukan bersama pelaku bernama Iwan Suparno saat sedang membawa gerobak.(OL-11)

BERITA TERKAIT