30 December 2022, 20:39 WIB

Polda Metro Lakukan Penyekatan di Malam Tahun Baru


Rahmatul Fajri |

POLDA Metro Jaya (PMJ) akan melakukan penyekatan pada malam Tahun Baru di sejumlah titik atau jalan menuju wilayah Jakarta.

Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes Latif Usman menyebut ada sekitar 950 polisi lalu lintas pada malam pergantian tahun. Ratusan personel ditempatkan di titik keramaian dan penyekatan.

Baca juga: PPKM Dicabut, DKI Tunggu Instruksi Mendagri Soal Prokes

Adapun penyekatan dilakukan di ruas jalan menuju Jakarta, yakni Kalideres, Lenteng Agung, Lebak Bulus dan Kalimalang. Polisi akan memutar balik masyarakat yang konvoi pada malam pergantian tahun. Sebab, konvoi dan arak-arakan dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Kita lakukan penyekatan terhadap aktivitas masyarakat, yang sekiranya bisa membuat ketidaknyamanan situasi," jelas Latif, Jumat (30/12).

"Seperti arak-arakan yang memang yang tidak perlu. Kan tidak perlu arak-arakan dan konvoi, akan kita putar balik," imbuhnya.

Baca juga: Tinjau Jalur Puncak, Menko PMK dan Menhub Ingatkan Cuaca Ekstrem

Petugas di lapangan siap mengimbau dan memutar balik pengendara yang melakukan konvoi maupun arak-arakan. Apabila dinilai melakukan pelanggaran, seperti menggunakan pelat nomor palsu, pengendara akan ditilang atau disita kendaraannya.

"Yang tilang itu yang terakhir. Penyitaan kendaraan itu paling terakhir. Selama mereka masih kita bina, kita tegur, masih mau, ya kembali saja," tutur Latif.(OL-11)

BERITA TERKAIT