10 December 2022, 20:46 WIB

Balkoters 2022-2024 Dikukuhkan, Pj Sekda DKI Minta Kontrol Pembangunan Jakarta


Selamat Saragih |

PENJABAT Sekretaris Daerah (Pj Sekda) DKI Jakarta, Uus Kuswanto, menyaksikan langsung prosesi pengukuhan pengurus Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta (Balkoters) periode 2022-2024 di Candi Bentar, Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, kemarin.

Prosesi pengukuhan terintegrasi dengan acara Media Gathering Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta bersama Balkoters mengangkat tema "Bersinergi Membangun Jakarta".

Uus mengakui betapa pentingnya peran pers sebagai sosial kontrol mengawal program pembangunan di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Begitu juga dalam penyampaian informasi yang akurat terkait dengan pembangunan Jakarta. Maka sebagai sosial kontrol wajib memberikan kritik konstruktif untuk kebaikan kini sampai selamanya sangat dibutuhkan Pemprov DKI.

"Melalui peran media, masyarakat bisa mengetahui yang sedang dikerjakan pemerintah. Saya berharap, kemitraan dan sinergisitas yang sudah terjalin bisa terus ditingkatkan," harap Uus.

Dia mengucapkan selamat kepada pengurus yang dikukuhkan dengan harapan bisa mengemban amanah dan melaksanakan tugas pers dengan sebaik-baiknya.

"Saya ucapkan selamat. Teman-teman media merupakan pahlawan pembangunan," lanjutnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Raides Aryanto, mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk membantu kegiatan wartawan yang bertugas di Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta.

"Kami menyediakan ruang kerja koordinatoriat yang representatif dengan sarana dan prasarana pendukung yang memadai," ungkapnya.

Raides menambahkan, fasilitas lain yang diberikan adalah akses jaringan internet yang memadai. Sehingga, dalam era digital saat ini percepatan kerja tugas wartawan tidak terhambat.

"Rencananya, kami juga akan menambah bandwidth internet yang diperuntukkan bagi rekan-rekan media," jelasnya.

Raides mengungkapkan, Dinas Kominfotik DKI juga berkoordinasi dengan Biro KDH agar wartawan yang bertugas di Balai Kota dan DPRD DKI bisa menikmati makan siang gratis.

"Sinergisitas ini terus kita bangun karena pentingnya peran media bagi Pemprov DKI dalam menyebarluaskan informasi yang akurat dan faktual. Tentu kita tahu media juga menjadi bagian penting mengedukasi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta, Sammy Edward Wattimena, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov DKI melalui Dinas Kominfotik yang telah mendukung kerja wartawan di tempat bertugas.

"Saya bersyukur, sejauh ini Dinas Kominfotik DKI sebagai mitra kerja Balkoters sudah memberikan dukungan yang luar biasa kepada kami," jelasnya.

Media Gathering ini, lanjut Sammy, rutin diadakan bersama Dinas Kominfotik DKI. Namun, memang sempat terhenti sejak ada pandemi Covid-19. Pihaknya mengapresiasi sejumlah mitra kerja strategis seperti Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Taman Impian Jaya Ancol, Fraksi Demokrat, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, PKB dan SKPD terkait.

"Senang sekali malam ini bisa diadakan kembali Media Gathering sekaligus pengukuhan pengurus Balkoters 2022-2024. Semoga sinergisitas ini bisa terus dijaga dan ditingkatkan ke depan," jelasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT