09 December 2022, 12:04 WIB

Banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala Depok Sudah Surut


Kisar Rajaguguk |

BANJIR di Perumahan Pondok Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, sudah surut.

"Sudah surut. Selain surut, material longsor juga sudah dibersihkan, aliran Kali Cijantung yang membanjiri perumahan pun sudah mengalir lancar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianti, Jumat (9/12).

Citra mengatakan, warga yang tempatnya kebanjiran sudah kembali ke rumah masing-masing. Mereka kini tengah membersihkan lumpur. Satgas Dinas PUPR turut membantu warga terdampak banjir.

Diberitakan sebelumnya, belasan rumah di Perumahan Pondok Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Kamis (8/12) dini hari, terdampak banjir. Ketinggian air 70 hingga 100 sentimeter.

Citra menyampaikan hujan yang terjadi menyebabkan longsor di Perumahan Pondok Tirta Mandala, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Longsoran juga menyumbat Kali Cijantung hingga membuat satu RW terdampak banjir limpahan air kali.

Citra mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 04.00 WIB pagi tadi usai sempat hujan deras.

"Ajaib pada saat kejadian longsor, warga tidak ada korban jiwa. Material longsor berjatuhan dan sempat menutup aliran Kali Cijantung hingga menyebabkan banjir. Perumahan Pondok Tirta Mandala yang terdampak banjir ada di RW 26 dan RW 05,” ucapnya.

Baca juga: Dua Kecamatan di Kota Depok Dilanda Banjir hingga Longsor

Ia mengungkapkan, berdasarkan keterangan warga sebelum terjadi longsor warga sekitar sempat mendengar suara keretakan tanah dan turap yang berbatasan dengan kali.

“Panjang longsor sekitar 70 meteran, ketinggian 15 meter,” ungkap Citra.

Dijelaskan, longsor dan banjir merupakan musibah yang disebabkan hujan cukup tinggi di wilayah Cilodong.

"Kami juga melakukan evakuasi kepada belasan kepala keluarga," ucapnya.

Banjir dan longsor di dekat Perumahan Pondok Tirta Mandala sudah mendapatkan penanganan dari pihaknya dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dinas PKP) Kota Depok.

"Dinas PUPR telah menurunkan alat berat untuk mengangkat material longsor dari aliran Kali Cijantung. Satgas telah membersihkan puing di kali dan aliran Kali Cijantung pun kini sudah bersih dari lumpur. Mudah-mudahan tidak ada lagi banjir dan longsor susulan meski sedang musim hujan," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT