01 December 2022, 21:49 WIB

Amankan Aksi Reuni 212, Polda Metro Kerahkan 310 Personel


Rahmatul Fajri |

POLDA Metro Jaya mengerahkan 310 personel untuk mengamankan Reuni Aksi 212, yang rencananya digelar di Masjid At-Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Jumat (2/12) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan ratusan personel diterjunkan untuk mengamankan dan mengatur arus lalu lintas di sekitar Masjid At-Tin, agar tidak terjadi kemacetan selama acara berlangsung.

"Kekuatan di lokasi acara di Masjid At-Tin sebanyak 310 personel, ditambah dari Polres Metro Jakarta Timur. Kami pasti akan membantu terkait dengan kelancaran acara, khususnya arus lalu lintas," ujar Zulpan saat dihubungi, Kamis (1/12).

Baca juga: Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

Reuni Aksi 212 diperkirakan akan diikuti oleh 10 ribu peserta. Meski dihadiri puluhan ribu peserta, pihaknya tidak melakukan pengamanan khusus ataupun penyekatan. Kegiatan tersebut merupakan acara keagamaan yang dilaksanakan di dalam masjid.

Kepolisian hanya akan mengerahkan personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban acara, serta mengatur lalu lintas di sekitar lokasi Reuni Aksi 212.

"Itu kan kegiatan di dalam masjid, kegiatan keagamaan bukan kegiatan unjuk rasa di suatu lokasi. Sehingga, anggota kami juga tidak masuk ke dalam masjid, cuman seputaran di lokasi," pungkas Zulpan.

"Yang ingin bergabung dengan acara itu bisa kita bantu kelancarannya. Jadi memang bukan seperti unjuk rasa, yang harus tersebar di beberapa titik," sambungnya.

Baca juga: Reuni 212 atau Reuni Demo Ahok?

Sebelumnya, Reuni Aksi 212 bakal digelar di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Jumat (2/12). Kegiatan pada tahun ini mengusung tema "Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI". 

Menurut rencana, bakal dilaksanakan mulai Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Penanggung Jawab Reuni Aksi 212 Yusuf Martak menyebut peserta reuni diwajibkan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

"Dimulai dengan shalat tahajud hingga pukul 09.00 WIB. Bawa alat shalat, pakai masker, jaga protokol kesehatan dan diharapkan mengenakan pakaian putih," kata Yusuf. Reuni kali ini difokuskan pada kegiatan doa bersama dan bermunajat.(OL-11)

BERITA TERKAIT