26 November 2022, 19:22 WIB

Jakarta Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif Digital


Putri Anisa Yuliani |

PEMPROV DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menjabarkan grand design terkait dukungan penuh terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, dalam sesi bincang-bincang Ideafest 2022 yang diselenggarakan Jumat (25/11) di Ruang Pulse, Jakarta Convention Center. 

“Berbicara tentang ekonomi kreatif, kota ini memiliki sumber daya, fasilitas, dan pelaku industri kreatif yang besar. Maka dari itu, kami tentu harus memberikan dukungan penuh agar semakin maju dan berkembang. Selain itu, industri kreatif kita juga menghadapi tantangan, seperti kurangnya perluasan pasar dan penetrasi produk kreatif, hadirnya kompetitor dari luar negeri, belum adanya payung hukum yang mengatur masing-masing subsektor industri kreatif, minimnya akses permodalan, serta pengembangan SDM. Hal-hal inilah yang perlu kita segera carikan solusinya,” ujar Andhika di Jakarta, Sabtu (26/11).

Baca juga: Stadion GBK Digunakan Acara Non-Olahraga Menuai Sorotan Warganet

Lebih lanjut, Andhika mengungkapkan, telah menyiapkan rancangan besar grand desain pengembangan ekonomi kreatif di Jakarta, dengan fokus pada enam hal, yaitu identitas, industri, ruang, kebijakan, edukasi, dan digitalisasi. Ia mengatakan, Jakarta sebagai kota kreatif memiliki banyak keunggulan, dengan kehadiran beragam komunitas dan sebagai tempat ruang pertemuan insan kreatif. Dengan Disparekraf memberikan dukungan, maka tantangan untuk pelaku ekonomi kreatif dapat dikerjakan dengan baik.

“Arah kebijakan rencana besar ekonomi kreatif di Jakarta nantinya akan fokus pada perkembangan ekonomi dengan potensi pertumbuhan komunitas kreatif digital dan tradisional kota, transformasi yang mendukung komunitas kreatif dalam aktivasi dan revitalisasi ruang publik, dan merespons kebutuhan pemberdayaan masyarakat termasuk penyediaan lapangan kerja,” paparnya.

Acara bincang-bincang ini mendapat sambutan positif dari pengunjung IdeaFest 2022, terlihat dari membludaknya pengunjung saat acara berlangsung. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, mengisi sesi bincang-bincang Ideafest 2022 bersama narasumber lainnya, yaitu Diana Paskarina, Co Founder & COO Anantarupa; Satrya Agung, Project Lead Pop Art Jakarta; Nugraha Pratama, Travel Sketcher; bersama moderator Vita Datau selaku Dewan Komite Ekonomi Kreatif Jakarta. 

Festival Kreatif IdeaFest 2022 ini diselenggarakan pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Ada beragam acara menarik yang diisi oleh seniman, komunitas kreatif, dan program yang bisa ditemukan di IdeaFest 2022. (OL-6)

BERITA TERKAIT