22 November 2022, 09:05 WIB

Kasus Polio pada Anak di DKI Jakarta Nihil


Putri Anisa Yuliani |

KEPALA Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan hingga kini belum ada kasus polio menimpa anak-anak di Ibukota alias nihil.

Untuk diketahui, pemerintah pusat menerapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio pada Sabtu (19/11). Penetapan KLB menyusul ditemukannya kasus polio menimpa anak berusia 7 tahun di Aceh.

"Belum ada kasus polio pada anak di bawah 15 tahun saat ini di DKI Jakarta," kata Ngabila kepada Media Indonesia, Senin (21/11) malam.

Ia juga menyebut cakupan vaksinasi polio di Jakarta termasuk baik. Vaksinasi polio terdiri dari dua jenis yakni tetes dan suntik. Vaksinasi diberikan sebanyak empat kali saat bayi baru lahir, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Kemudian vaksinasi polio kembali diberikan saat anak berusia 18 bulan.

"Cakupan vaksinasi polio tetes dan suntik tahun 2022 baik," ungkapnya.

Di sisi lain, Dinkes DKI juga melakukan pengecekan terhadap potensi kasus polio maupun lumpuh layu di 194 RS. Dinkes DKI juga menyisir data-data anak yang belum melakukan vaksinasi.

"Kami terus sweeping dan mengejar cakupan vaksinasi anak balita yang belum lengkap vaksinasinya dan memastikan setiap anak mendapat vaksin polio tetes empat kali dan polio suntik satu kali," tuturnya. (OL-13)

Baca Juga: KLB Polio Harus Diikuti Langkah Nyata untuk Membangun Imunitas

BERITA TERKAIT