12 November 2022, 16:25 WIB

Adhamaski Pangeran Terpilih Jadi Ketua IAP DKI Jakarta


Mediaindonesia.com |

IKATAN Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta menggelar Kongres IAP DKI di Hotel Veranda, Jakarta. Lebih dari 200 anggota IAP DKI hadir di kongres tersebut, dengan agenda utama pemilihan Ketua IAP DKI Jakarta untuk tiga tahun mendatang.

Terpilih sebagai Ketua IAP DKI Jakarta periode 2022-2025 Adhamaski Pangeran. Dia terpilih secara mufakat, setelah keempat kandidat ketua bermusyawarah dan sepakat untuk mendukung Wakil Direktur Eksekutif Realestat Indonesia (REI) tersebut.

“IAP DKI selama ini telah berkolaborasi dengan banyak mitra. Ke depan kemitraan dan kolaborasi akan terus ditingkatkan baik dalam bentuk kegiatan maupun sharing knowledge termasuk ke kampus-kampus pemerintah provinsi DKI Jakarta dan mitra strategis lainnya untuk berkolaborasi dalam pembangunan Jakarta ,” kata Adhamaski saat memberi sambutan perdana setelah terpilih sebagai Ketua IAP DKI Jakarta.

Adhamaski adalah sarjana lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB) dan saat ini tengah menyelesaikan studi di Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan Universitas Indonesia (UI). Adhamaski juga memperoleh gelar profesi insinyur dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) pada 2022.

Pria kelahiran Jakarta itu pernah menjadi anggota Dewan Riset Daerah (DRD) DKI Jakarta periode 2018-2022 dan aktif di sejumlah organisasi seperti HUD, Caritra, API ITB dan FIABCI,

Kongres IAP DKI dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas DPM-PTSP DKI Benny Aguscandra. Kongres juga diisi dengan seminar bertema “Masa Depan Jakarta Pasca-IKN” dengan narasumber Alfonso Vegara (ISOCARP), Tri Indrawan (Wakil Kepala Bappeda DKI), Budiarsa Sastrawinata (FIABCI), Soelaeman Soemawinata (Board Member FIABCI) dan Suryono Herlambang (Untar-IAP DKI).

Ketua IAP DKI periode 2019-2022 Dhani Muttaqin mengatakan kongres tersebut mengangkat tema “Memperluas Peran Profesi Perencana dalam Pembangunan Jakarta Pasca Ibukota”.

Baca juga: Putri Remaja Indonesia 2022 Edelyne Mia Tekankan Pentingnya Pendidikan

“Hal ini sejalan dengan komitmen IAP DKI untuk terus berkontribusi aktif dalam pembangunan Jakarta yang sedang memasuki tantangan berat pasca pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur,” ujar Dhani.

Dia menambahkan, meski terkendala akibat pandemi Covid-19, namun kegiatan kepengurusan tetap berjalan meski pun dilakukan secara online. Dalam tiga tahun terakhir, kepengurusan IAP DKI periode 2019-2022 telah melaksanakan 21 program kegiatan dari 28 program yang direncanakan. 

Selain itu, pelayanan dan pembinaan kepada anggota juga terus dilakukan, salah satunya dibuktikan dari jumlah anggota IAP DKI yang meningkat 32% selama tiga tahun terakhir.

Pencapaian lain adalah dukungan besar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada IAP DKI. Salah satunya dengan penunjukkan dua anggota IAP DKI sebagai Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) DKI Jakarta. 

IAP DKI juga membuat terobosan dengan keberhasilan menempatkan planner di setiap kecamatan di DKI lewat Program AJIB (Antar Jemput Izin Bermotor). Program ini bekerja sama dengan Dinas DPM-PTSPDKI Jakarta dan bertugas untuk membantu dan melayani masyarakat terkait perizinan dan pengendalian pemanfaatan ruang.

“Ke depan, IAP DKI harus bisa lebih banyak berperan. Diharapkan kepengurusan IAP DKI di bawah kepemimpinan saudara Adhamaski Pangeran dapat meneruskan program-program yang berkesinambungan serta terus memberikan kontribusi bermanfaat bagi pembangunan Jakarta terutama di bidang tata ruang,” ujar Dhani.

Di Kongres IAP DKI juga dipaparkan hasil Survei Kualitas Pedestrian di Jakarta yang dilakukan tim survei IAP DKI. Survei tersebut menggambarkan persepsi masyarakat mengenai kondisi dan kualitas pedestrian di DKI Jakarta. Survei dilakukan selama bulan Oktober 2022 kepada 1.000 responden. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT