11 November 2022, 11:26 WIB

Kendalikan Laju Kasus Covid-19, Dinkes DKI Tingkatkan Tes PCR


Putri Anisa Yuliani |

DINAS Kesehatan DKI Jakarta berupaya mengendalikan laju penularan kasus covid-19 salah satunya melalui peningkatan jumlah tes PCR.

Kepala Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, jumlah tes PCR di DKI hingga 70 ribu tes pada sepekan terakhir.

"Testing PCR terus ditingkatkan untuk suspek dan kontak erat untuk mencegah missing cases. Testing dan tracing tetap dijaga baik untuk memutus mata rantai penularan," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (10/11) malam.

Sementara itu, diketahui jumlah kasus covid-19 di Jakarta mengalami kenaikan akibat adanya varian baru. "Prediksi puncak kasus akhir november sampai dengan awal desember 2022 untuk gelombang XBB dan BQ.1 ini di DKI Jakarta karena tingkat penularannya cukup tinggi dibandingkan jenis varian lain," tuturnya.

Masyarakat diminta tidak panik terhadap adanya kenaikan kasus covid-19 ini. Ia mengimbau agar masyarakat sebisa mungkin menghindari kerumunan serta menjaga jarak. "Tidak perlu panik menyikapi kenaikan kasus, cegah sakit dengan lebih disiplin bermasker, hindari kerumunan terutama indoor, jauhi orang yang sedang batuk pilek," tuturnya.

"Cegah kematian dengan menjaga kesehatan, minum obat komorbid rutin, lengkapi vaksinasi segera," imbuhnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT