02 November 2022, 17:45 WIB

Ansor DKI Apresiasi Pergelaran Forum R20


Mediaindonesia.com |

PIMPINAN Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta mengapresiasi Forum Religion of Twenty (R20) yang diinisiasi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Liga Muslim Dunia (MWL) di Bali pada 2-3 November 2022. Harapannya, pertemuan para pemuka agama dunia dalam forum R20 tersebut dapat mendorong spirit kehidupan harmoni bersama. 

"Selamat dan sukses atas pertemuan forum R20 yang diselenggarakan di Bali. Semoga dapat membawa titik temu antarumat beragama di dunia dalam mengatasi permasalahan global yang timbul karena perbedaan keyakinan," jelas Ketua GP Ansor DKI Jakarta Muhamad Ainul Yakin dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11). 

Ia memandang penting pertemuan tersebut sebagai upaya PBNU menawarkan gagasan perdamaian di tingkat global seperti yang selama ini menjadi jalan dakwah NU di Indonesia. "Konsistensi NU dalam mengambil jalan dakwah yang ramah, merawat kehidupan bersama antarumat beragama bisa menjadi inspirasi para pemuka agama yang datang pada R20," tambah Ainul Yakin. 

Untuk diketahui, G20 Religion Forum atau R20 merupakan pertemuan para pemuka lintas agama dari berbagai organisasi di tingkat nasional, kawasan, dan dunia. Pertemuan itu, yang merupakan bagian dari rangkaian G20 di bawah presidensi/kepemimpinan Indonesia, dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta. Sebanyak 160 di antaranya berasal dari luar negeri.

PBNU sebagai organisasi Muslim terbesar di Indonesia merupakan inisiator dari pertemuan R20. Nahdlatul Ulama bermitra dengan Liga Muslim Dunia untuk menjadikan pertemuan tersebut sebagai gerakan global. (OL-14)

BERITA TERKAIT