29 October 2022, 11:20 WIB

PFIJ Gelar Pameran Foto Bertajuk Rekam Jakarta 24+


Mediaindonesia.com |

PEWARTA Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) kembali menggelar pameran foto yang bertajuk Rekam Jakarta. Pameran akan berlangsung dari 28 Oktober- 6 November 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta.

Pameran ini juga akan menghadirkan beragam acara seperti diskusi seputar fotografi yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

Ketua Pelaksana Rekam Jakarta, Muhammad Hidayat mengatakan, kegiatan tahunan PFI Jakarta ini sebagai wadah apresiasi untuk anggota organisasi dalam menghasilkan karya yang dikemas dalam bentuk pameran foto dan beragam acara turunannya. 

Pada tahun ini, Rekam Jakarta mengangkat tema “Jakarta 24+” sebagai pengejawantahan terhadap usaha Kota Jakarta dan masyarakat penghuninya dalam membangun dan beradaptasi kembali di tengah pandemi covid-19.

"Dari ribuan karya yang masuk dan sudah melalui tahapan kurasi, terpilih lah 149 karya yang dihasilkan oleh 53 pewarta foto," ujar Muhammad Hidayat. 

Para anggota pewarta foto PFIJ mengabadikan peristiwa dan mengabarkannya kepada publik. Di kota heterogen penuh dinamika yang tampak tidak pernah tidur ini, 24 jam sehari terasa kurang. Khususnya dalam membangkitkan kembali banyak hal yang sebelumnya lesu terpapar pandemi. 

"Melalui pameran foto Rekam Jakarta 24+ ini, kami selaku pekerja profesi  menghadirkan ragam visual tentang kota ini dengan kisah dari setiap wajah yang pernah menghampiri Ibu Kota ini," tambah  Ketua PFI Jakarta Hermann Zakharia.
  
Tidak hanya pameran dan penerbitan buku foto hurnalistik, Rekam Jakarta tahun ini juga memberikan apresiasi bagi PFI Jakarta yang telah berdedikasi merekam serta mengabarkan kepada khalayak segala peristiwa yang terjadi di Ibu Kota melalui Privy x PFI Jakarta Megapolitan Award. Penghargaan diberikan kepada dua anggota Pewarta Foto Indonesia Jakarta berdasarkan dua kategori yakni foto tunggal dan foto cerita. 

Rekam Jakarta tahun ini juga mengajak beberapa komunitas untuk ikut serta berpartisipasi dalam acara turunan yang masih berkaitan dengan fotografi. (OL-8)

BERITA TERKAIT