28 October 2022, 22:23 WIB

Diklatsar Ansor DKI Rekrut Lebih dari 1.000 Peserta


Mediaindonesia.com |

PIMPINAN Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta melakukan Pendidikan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang diikuti oleh 1.024 peserta. Diklatsar Banser dengan peserta seribu lebih dalam satu kegiatan kaderisasi tersebut merupakan sejarah baru dalam mencetak kader muda Nahdlatul Ulama di tanah betawi pascareformasi.

"Diklatsar Banser dengan jumlah peserta mencapai 1.000 ini merupakan catatan baru dalam perjalanan Ansor Banser di Ibu Kota. Kami sangat bersyukur hari ini kaderisasi Banser secara masif ini dapat terlaksana," jelas Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin Simatupang.

Menurut Yakin, kaderiasi yang terus dilakukan sebagai upaya untuk penguatan dakwah Nahdlatul Ulama di Ibu Kota. "Di tengah heterogenitas masyarakat Jakarta, ketentraman dan stabilitas bermasyarakat akan terus terjaga jika nilai-nilai menghormati satu sama lain terus terawat. Ansor dalam gerakan dakwahnya akan terus mengawal hal tersebut,"

Ia menambahkan jika semangat toleransi dan saling menjaga satu sama lain merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang Rasulullah lakukan di Madinah melalui Piagam Madinah. "Hidup berdampingan meskipun memiliki keyakinan, ras, dan budaya berbeda merupakan semangat yang telah dicontohkan baginda Rasulullah SAW sebagaimana tertuang dalam Piagam Madinah," pungkas Yakin.

Hadir dalam pembukaan Diklatsar Banser DKI Jakarta ialah Menteri Agama yang juga Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Rois Syuriah NU DKI Jakarta KH Muhyidin Ishaq, dan Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Ma'arif. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT