21 October 2022, 11:46 WIB

Hadapi Kasus Gagal Ginjal Akut, Dinkes DKI Beri Pembekalan Khusus Pada Nakes


Putri Anisa Yuliani |

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan pihaknya bakal melakukan serangkaian upaya dalam menghadapi gagal ginjal akut misterius yang menimpa anak-anak di Ibukota.

Dinkes DKI bakal menyisir seluruh RS yang ada di Jakarta untuk mengetahui adanya kasus gagal ginjal akut."Jadi kami menyisir semua RS di DKI apakah memang ada kasus di sana dan dilaporkan ke kita," ungkapnya di Labkesda DKI, Kamis (20/10).

Kemudian, ia juga akan berkoordinasi dengan RS-RS vertikal serta Kementerian Kesehatan untuk memberikan pembekalan khusus pada tenaga kesehatan agar siap dan siaga menghadapi gejala-gejala pasien yang mirip dengan gejala gagal ginjal akut.

"Kami berkoordinasi dengan RS vertikal dan Kemenkes melakukan pembekalan bagi perawat dan dokter anak sehingga nanti akan ada lebih banyak tim SDM nakes yang bisa menangani kasus ini," tuturnya.

Selain itu, Labkesda DKI Jakarta juga selalu disiagakan untuk menjadi laboratorium pendamping guna melakukan pemeriksaan toksikologi. Labkesda DKI juga sebelumnya telah ditetapkan menjadi tempat pelatihan bagi laboratorium daerah lain di seluruh Indonesia. (Put)

 

BERITA TERKAIT