14 October 2022, 20:54 WIB

Di Sela Perpisahan dengan ASN, Anies Temui Massa Demonstran


Selamat Saragih |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menemui massa yang berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/10) sore. Untuk itu, Anies harus meninggalkan gelar acara perpisahannya dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI dan jajaran terkait dengan purnatugas gubernur per 16 Oktober 2022.

Setelah bertemu dengan demonstran sekitar 15 menit, Anies bersama wakilnya Ahmad Riza Patria kembali berjalan masuk ke pendopo Balai Kota DKI untuk perpisahan dengan para ASN Pemprov DKI. Peserta aksi yang tergabung dalam Koalisi Perjuangan Warga Jakarta (Kopaja) itu tak berhenti berunjuk rasa meski Anies sudah menemui mereka.

Mereka tetap menyuarakan isu-isu yang dianggap bermasalah di Jakarta selama lima tahun kepemimpinan Anies. Permasalahan yang disuarakan massa Kopaja tersebut antara lain buruknya kualitas udara Jakarta yang sudah melebihi Baku Mutu Udara Ambien Nasional (BMUAN), sulitnya akses air bersih di Jakarta akibat swastanisasi air, dan penanganan banjir Jakarta belum mengakar pada beberapa penyebab banjir. 

Di saat bersamaan, Anies-Riza disambut hangat ratusan ASN yang sudah menunggu kehadiran mereka berdua di depan Pendopo. "Selamat datang Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," teriak pembawa acara dengan mik pengeras suara.

Anies tampak membagikan senyum hangatnya, seakan lupa telah bertemu massa aksi yang berapi-api. Anies pun sempat bersalaman dengan beberapa ASN yang berada di depan Pendopo.

Ia duduk di kursi yang berada di depan Pendopo bersama istrinya, Fery Farhati, dan Riza. Putri pertama Anies, Mutiara Annisa Baswedan, tampak hadir dan duduk di kursi yang sederet dengan Anies. (OL-14)

BERITA TERKAIT