04 October 2022, 13:06 WIB

Kapolda Metro Ingatkan Standar Pengamanan pada P20


Rahmatul Fajri |

Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran meminta anggotanya untuk berkaca pada tragedi Kanjuruhan Malang dalam mengamankan Parliamentary Speakers Summit (P20) di Jakarta. Ia meminta semua anggotanya berpedoman pada prosedur pengamanan dalam mengamankan P20.

Hal tersebut disampaikan Fadil saat memimpin apel gelar pasukan Parliamentary Speakers Summit (P20), di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10).

Dalam sambutannya, Fadil sempat menyinggung tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menelan ratusan korban jiwa. Fadil mengingatkan anggotanya untuk belajar dari tragedi tersebut dalam melakukan pengamanan.

"Berkaca pada peristiwa di Stadion Kanjuruhan Malang, Jatim memberikan kita turning point untuk melakukan evaluasi terhadap standar sistem pengamanan kita," kata Fadil.

Fadil meminta anggotanya untuk mempedomani tahapan pengamanan sesuai Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Polri. Perkap tersebut harus diterapkan oleh anggota di lapangan.

Ia mengatakan saat ini semua mata tertuju pada institusi Polri. Ia meminta anak buahnya untuk mengedepankan langkah-langkah pencegahan dan tidak melakukan tindakan di luar dari apa yang menjadi kesepakatan dan arahan institusi.

Ia tidak mau anggotanya untuk melakukan penyelewengan ketika bertugas di lapangan. Ia menekankan anggotanya untuk melakukan pengamanan dengan humanis. Ia meminta anggotanya untuk menerapkan filosofi menjahit baju.

"Perkuat tahapan kesiapan dalam berbagai kesempatan. Selalu saya sampaikan filosofi taylor man, filosofi bagaimana kita menjahit baju. Bahwa setiap orang memiliki ukuran yang berbeda. Oleh sebab itu, setiap langkah pengamanan menyesuaikan dengan ukuran karakteristik dari pengunanya dari situasi. Semua itu dimaksudkan agar pengamanan bisa berlangsung, pengamanan bisa terlaksana dengan maksimal," kata dia.

Diketahui, DPR RI akan menyelenggarakan kegiatan The 8th G20 Parliementary Speaker Summit atau P20 5-7 Oktober mendatang. The 8th G20 Parliementary Speaker Summit adalah rangkaian dari G20 dan selalu diselenggarakan di antara sidang-sidang dari G20 tapi dari sisi parlemen karena mereka juga melihat bahwa parlemen ini sangat penting dalam proses pengambilan keputusan dan mempunyai legitimasi yang kuat dari masyarakat dan juga untuk melakukan aplikasi dari berbagai hal yang diputuskan oleh G20

BERITA TERKAIT